Ini Rahasianya Mobil di Pameran Selalu Terlihat Kinclong

Kompas.com - 17/07/2019, 12:02 WIB
Civic Type R TCR 2018 GIIAS 2018 HPMCivic Type R TCR 2018 GIIAS 2018
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran mobil selalu mengundang orang untuk melihat lebih dekat apalagi jika yang ditampilkan ialah mobil baru. Tak pelak, kualitas cat merupakan yang utama karena yang pertama kali dilihat.

Ternyata, mobil-mobil yang dipajang di suatu pameran juga tidak lepas dari perlakuan khusus semisal coating dan grooming. Tujuannya supaya mobil lebih mengilap saat dipajang di ruang pamer.

Baca juga: Bengkel Servis Khusus buat BMW Anti Peluru

Hal itu disebutkan oleh Robby Kurnia, CEO Autoglaze, perusahaan penyedia jasa cuci dan car care, yang mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pelapisan cat untuk mobil-mobil pameran.

"Tergantung jasa yang klien minta, contohnya misalkan dia minta karena mobil pertama kali launching mintanya coating, atau mau detailing yang sangat detail, sampai tidak boleh ada baret," kata Robby yang ditemui beberapa waktu lalu.

Daihatsu Boon Active di GIIAS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Daihatsu Boon Active di GIIAS 2018.

Robby mengatakan, pihaknya mendapat proyek dari orang kedua yang ditunjuk APM mobil, jadi bukan dari pihak pertama. Untuk harga Robby mengatakan tergantung permintaan, dan layanan yang dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Treatment-nya apa saja, seperti saya sebutkan ada grooming dan coating atau kita sebut seperti car show. Itu lebih ke detailing. Tapi pada intinya kita hanya ikuti budget dari klien saja," katanya.

Baca juga: Jumpa Tiga Varian Baru Isuzu mu-X di GIIAS 2019

Jasa Lap
Selain coating dan sebagainya, APM mobil juga sering menggunakan jasa pengelap mobil. Biasa ditemui di suatu pameran ada orang yang siap siaga membersihkan mobil setelah dipegang pengunjung.

"Mereka bayar jasa, man power dan obatnya. Soalnya kan kadang dipegang tangan. Orang kita stanby buat jagain mobil. Tergantung permintaan dari mereka, satu orang bisa megang tiga mobil atau megang lima mobil. Tergantung budget," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.