Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anies: Jakarta Tuan Rumah Balapan Formula E pada 2020

Kompas.com - 14/07/2019, 19:11 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan rencana Ibu Kota menjadi tempat berlangsungnya balap mobil listrik Formula E. Hal ini diungkapkan dalam akun media sosial Instagram miliknya, Minggu (14/7/2019).

"Alhamdullilah, berhasil. Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan 2020," ucap Anies dalam caption unggahannya di Instagram.

Anies mengungkapkan dirinya langsung bertolak dari Medellin menuju New York untuk bernegosiasi dengan pengelola Formula E. Rencana ini sudah dipersiapkan sejak tiga bulan lalu.

Tim Formula E sendiri sudah melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8-9 Juli 2019. Anies mengungkapkan karena Jakarta berkompetisi dengan kota-kota lain di dunia, persiapan dikerjakan tanpa banyak menarik perhatian.

Pertemuan sendiri dilakukan pada 13 Juli 2019 bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula E. Anies bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, pemimpin di organisasi Formula E.

Baca juga: Formula E, Sang Juru Selamat Dunia Motorsport

"Akhirnya disepakati Jakarta lebih layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta. Ribuan penonton seluruh dunia akan hadir termasuk yang datang dari dalam negeri.Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi," ucap Anies.

Menurut Anies berdasarkan hasil studi satu event balapan di Jakarta ini akan menggerakkan perekonomian hingga lebih dari 78 juta Euro atau Rp 1,2 triliun.

Formula E adalah balapan yang tengah naik daun dimana mobil-mobil yang digunakan merupakan mobil formula bertenaga listrik. Musim ini ada 13 seri yang berlangsung dengan kota-kota seperti Maroko, Santiago, Mexico City, Hong Kong, Paris, Roma, Berlin dan New York menjadi tuan rumah dengan sirkuit di jalanan perkotaan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on Jul 14, 2019 at 2:42am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com