Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Jarang Terjatuh, Ini Rahasia Marquez

Kompas.com - 14/07/2019, 15:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

SACHSENRING, KOMPAS.com - Pada paruh pertama musim 2019 ini, Marc Marquez sudah raih lima kemenangan dan memimpin klasemen sementara dengan unggul 58 poin. Marquez juga punya catatan satu kali gagal finis karena terjatuh. Kejadian tersebut adalah pada saat GP Perancis.

"Sejak kejadian di Le Mans tahun ini, terlepas dari sesi tes di Montmelo, saya belum pernah terjatuh. Ini adalah rekor yang ingin saya teruskan," ujar Marquez, dilansir dari Speedweek.com.

Baca juga: Marquez Mulai Waspadai Vinales dan Quartararo

Marquez menambahkan, dirinya ingin bisa lebih meningkat dan lebih kalem saat latihan dan balapan. Di tahun sebelumnya, Marquez mengaku bahwa setiap akhir pekan, baju balap yang digunakannya selalu baru, karena sering terjatuh.

Salah satu rahasianya adalah karena Marquez sudah mengetahui batasan kemampuan dari motornya. Menurutnya, kunci dari menjinakkan RC213V adalah mengetahui batasan kemampuannya, agar bisa tampil lebih cepat dan tidak terjatuh.

Baca juga: Marquez Enggan Pakai Sasis Karbon di GP Jerman

"Tahun ini, mungkin kami kekurangan di bagian sasis. Tapi, di beberapa bagian kami unggul. Selain itu, mesin juga memiliki lebih banyak tenaga, dan ini memungkinkan kami untuk lebih aman dalam pengereman," kata Marquez.

Marquez mengaku, meskipun belakangan ini dirinya jarang terjatuh, namun tidak sedikit dirinya mengalami momen hampir terjatuh.

"Semuanya adalah tentang fokus. Jika Anda sangat, sangat fokus di atas motor, Anda bisa mencegah tidak terjatuh. Anda harus benar-benar berkonsentrasi," ujar Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com