BMW Seri 3 Bisa Mundur Sendiri, Berguna Jika Masuk Gang Sempit

Kompas.com - 11/07/2019, 12:51 WIB
Mobil BMW 330 i M Sport yang merupakan All New BMW Seri 3 saat dipamerkan, di ICE BSD , Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (10/7/2019). BMW Group Indonesia memperkenalkan kendaraan sang legenda All New BMW Seri 3 ini merupakan generasi keenam di kelasnya yang memadukan unsur kenyamanan dan mobil sport. KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELMobil BMW 330 i M Sport yang merupakan All New BMW Seri 3 saat dipamerkan, di ICE BSD , Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (10/7/2019). BMW Group Indonesia memperkenalkan kendaraan sang legenda All New BMW Seri 3 ini merupakan generasi keenam di kelasnya yang memadukan unsur kenyamanan dan mobil sport.

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Indonesia telah memperlihatkan pembaruan dari sedan Seri 3 miliknya, Rabu (10/7/2019). BMW membawa varian sport 330i M Sport edition untuk perkenalan pertamanya di Indonesia.

Sedan yang sudah dikenalkan secara global sejak akhir 2018 lalu itu hadir dengan fitur-fitur canggih. Salah satunya adalah Reversing Assistant.

Fitur ini memudahkan pengemudi untuk memundurkan mobilnya ketika melalui jalan sempit dan terdapat hambatan di depan. Mobil akan mundur dengan bermanuver sesuai saat bergerak maju.

“Ini fitur untuk menjawab kebutuhan akan sebuah teknologi kendaraan otonom. Walaupun belum 100 persen otonom tapi ini awal alngkaw BMW memperkenalkan fitur otonom,” ucap Direktur Komunikasi BMW Group Indonesia, Jodie O’tania, disela perkenalan seri 3 terbaru, Rabu (10/7/2019).

Untuk memulai fitur canggih ini ternyata cukup mudah. Mobil akan merekam gerakan mobil maju di bawah 30 km per jam atau diasumsikan tengah masuk jalan sempit sepanjang 50 meter.

BMW Tunggu Kabar Pemerintah soal Mobil Presiden

Pengalaman mencoba Reversing Assistant di BMW SERI 3 terbaruKompas.com/Setyo Adi Pengalaman mencoba Reversing Assistant di BMW SERI 3 terbaru

Setelah itu ketika pengemudi menemui hambatan di depan, sebut saja bertemu kendaraan lain yang tidak mau mengalah padahal jalan hanya cukup satu kendaraan, maka pengemudi tinggal menggerakkan tuas transmisi ke posisi R.

Saat tuas ke posisi R tersebut akan muncul menu pilihan di layar 8,8 inci di dasbor yakni Reversing Assistant. Pilih menu tersebut dengan menyentuh layar dan pengemudi tinggal melepas tangan dari lingkar kemudi karena mobil akan bermanuver dengan sendirinya.

Pengalaman ini cukup mengesankan mengingat sedan ini akan menjadi backbone jualan BMW yang artinya fitur ini akan dirasakan banyak konsumen sedan tersebut. Melihat lingkar kemudi bergerak sendiri mengingatkan pada film-film bernuansa masa depan.

Menurut instruktur berkendara BMW, Gerry Nasution fitur ini sangat memudahkan pengemudi pemula yang kesulitan bermanuver di jalan sempit. Keamanan pada BMW Seri 3 terbaru ini juga sudah dilengkapi sensor 360 derajat untuk memantau sekeliling.

“Jadi kaki tinggal di pedal rem untuk menjaga kecepatan. Pengemudi cukup memantau dari layar tampilan kamera belakang. Pengemudi hanya memantau agar kecepatan tidak melebihi 5 km per jam karena kalau lebih diasumsikan pengendalian sudah berada di tangan pengemudi,” ucap Gerry.

Fitur Reversing Assistant ini sebenarnya sudah digunakan pada model kelas atas BMW seperti X5. Selain fitur mundur sendiri ini, BMW Seri 3 terbaru juga sudah memiliki fitur Park Assist dimana mobil akan membantu pengemudi masuk ke ruang parkir pararel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X