Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Beda Sedikit, Honda yakin Genio Tak Ganggu Scoopy

Kompas.com - 22/06/2019, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor (AHM) menilai hadirnya Honda Genio tidak akan membuat pasar Scoopy mengecil. Honda yakin segmentasi keduanya berbeda sehingga tidak akan saling mengkanibal saudaranya.

Meski sama-sama main di kelas 110 cc, posisi Honda Genio di antara Scoopy dan Genio berbeda. Genio berada di bawah Scoopy tapi di atas BeAT. Posisinya tetap di entry level sedangkan Scoopy ada di medium high.

Baca juga: Spesifikasi Skutik Baru Honda Genio

"Genio tidak terlalu retro seperti Honda Scoopy. Jadi, secara target segmen dan desain perbedaannya cukup signifikan dan karakternya pun berbeda," kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran, AHM, di Jakarta, Jumat (21/6/2019)

Meski mengklaim tidak akan mengkanibal satu sama lain, namun ada beberapa faktor mengapa Genio dianggap bisa mengecilkan pasar Scoopy. Salah satunya yaitu harga jual dan terget penjualan antara Scoopy dan Genio.

Honda GenioFoto: bayu Nurpatria Honda Genio

Honda Genio dipasarkan dengan dua tipe, CBS dan CBS-ISS dengan total 11 varian warna. Tipe CBS dipasarkan seharga Rp 17,2 juta, sedangkan tipe CBS-ISS dibanderol Rp 17,7 juta on the road (OTR) Jakarta.

Baca juga: Fungsi “Body Kit” Bukan Sekadar Bikin Keren Tampilan Mobil

Mengutip situs resmi AHM, BeAT Sporty CBS ISS kini dibanderol Rp 16.668.000. Sedangkan Honda Scoopy baik tipe Sporty maupun Stylish sudah mendekati angka Rp 19 juta yaitu Rp 18.943.000.

Di sisi lain yaitu terkait target, tahun lalu target penjualan Scoopy ialah 720.000 per tahun. Sedangkan tahun ini target Genio yaitu 500.000 per tahun. "Kita (target) mulai Agustus tahun ini, sampai tahun depan," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com