Fungsi “Body Kit” Bukan Sekadar Bikin Keren Tampilan Mobil

Kompas.com - 21/06/2019, 15:42 WIB
Body kit Karma Toyota 86 stanlyBody kit Karma Toyota 86

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk para pecinta modifikasi roda empat, body kit sering kali menjadi andalan untuk meningkatkan tampilan mobil. Namun, selain bisa untuk membuat tampilan mobil jadi lebih keren, body kit juga punya fungsi lain yang tak kalah penting.

Kiki Anugraha, pecinta modifikasi dan pemilik dari Karma body kit, mengatakan, perangkat yang ditambahkan pada eksterior mobil ini bukan hanya menjadi pemanis.

Baca juga: Selain Toyota 86, Karma Siap Produksi Body Kit Lain

Sebab, desainnya juga mampu memberikan efek aerodinamis saat mobil sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Kemampuan mobil dalam membelah angin akan lebih baik.

"Contohnya side skirt, lekukan yang ada di bagian ujung-ujungnya itu bisa saja meningkatkan aerodinamika pada mobil," ujar Kiki, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Memahami Beda Body Kit Plastik Vs Fiber

Body kit Karma Toyota 86stanly Body kit Karma Toyota 86

Kiki memberikan contoh lainnya, seperti lubang pada bumper depan body kit yang ia punya. Menurutnya, orang-orang akan berpikir itu hanya jaring-jaring ram saja. Tapi sebenarnya, adanya lubang tersebut berguna untuk mendinginkan intercooler.

"Jadi, sebenarnya di balik desain body kit itu pasti ada maksud dan tujuannya mengapa dibuat seperti itu," kata Kiki.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X