Simak Mobil Bekas yang Dicari Sebelum Lebaran

Kompas.com - 28/05/2019, 07:02 WIB
Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta PusatKompas.com/Setyo Adi Suasana pusat penjualan mobil bekas di Jakarta Pusat

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Lebaran, permintaan mobil bekas cenderung meningkat. Model yang paling banyak dicari antara lain SUV dan MPV yang diharapkan dapat menemani konsumen saat perjalanan mudik.

Andi dari diler mobil bekas Jordy Motor MGK Kemayoran mengatakan, jelang Lebaran beberapa model SUV dan MPV memang jadi incaran konsumen.

“MPV selain yang sudah banyak seperti Xenia dan Avanza juga ada yang cari Ertiga. Tahun yang dicari sekitar 2011-2012 ke atas,” ucap Andi saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/5/2019).

Untuk SUV Andi mengungkapkan selain Rush dan Terios yang banyak dicari, beberapa konsumen juga mencari Outlander dengan tahun muda. Selain itu SUV medium seperti CR-V juga banyak yang mencari.

"Sedan ada juga, tapi lebih kecil. Sekali lagi pertimbangan harga yang paling menentukan," ucap Andi.

Pencarian Online

Data menarik juga didapat dari situs jual beli mobil bekas di OLX yang mendapatkan peningkatan pasok selama Ramadan, juga dari segmen MPV dan SUV. Berdasarkan pencarian penggunanya merek seperti Toyota Kijang, Honda CR-V, Daihatsu Espass, Suzuki APV dan Grand Livina mengalami peningkatan.

“Kami memantau adanya kenaikan supply untuk mobil dengan segmen SUV dan MPV dibanding tahun lalu. Kami bahkan memantau pergerakan supply untuk mobil dengna kisaran harga Rp 40 juta sampai Rp 90 juta-an,” ucap Head of Automotive Category OLX Indonesia, Ivo Wassenaar dalam keterangan resminya.

Kenali Jenis Mobil Bekas yang Sulit Dijual

Rentang harga Rp 40 juta sampai Rp 90 juta, konsumen mencari SUV dan MPV keluaran tahun 2000 ke atas dari berbagai merek. Di rentang Rp 40 juta sampai Rp 60 juta, Toyota Kijang mendapat pasokan tertinggi dengan kenaikan 11 persen sepanjang bulan Ramadan dari 1.820 unit menjadi 2.010 unit.

Untuk SUV, Honda CR-V mendominasi tawaran dengan kenaikan 11 persen yakni dari 440 unit menjadi 490 unit. 

Harga Rp 70 sampai Rp 90 juta, Nissan Grand Livina mendapat supply terbanya di kelas MPV dengan 2.970 unit. Segmen SUV di sini adalah Nissan X-Trail yang mengalami kenaikan 12 persen dari 720 unit menjadi 820 unit.

Model lainnya yang mengalami kenaikan adalah Daihatsu Espass (21 persen), Mitsubishi Kuda (19 persen), Suzuki APV (10 persen), Ford Escape (37 persen), Suzuki Grand Escudo (15 persen), Honda Odyssey (10 persen dan Chevrolet Captive (17 persen).

Ivo mengungkapkan kenaikan ini adalah imbas permintaan yang tinggi dari calon konsumen. Pencarian mobil bekas di OLX selama Ramadan sendiri dilaporkan naik 9,3 persen atau setara dengan 250.000 calon konsumen.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X