Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/05/2019, 03:32 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dipastikan sudah siap beroperasi mulai Kamis (23/5/2019) pukul 00.00 WIB. Dari pantauan redaksi Kompas.com yang melakukan Merapah Trans Jawa 4.0 2019, gerbang tol masih dalam tahap penyelesaian.

Beberapa pekerja nampak masih melakukan beragam persiapan. Mulai dari melakukan pengelasan, merapihkan lajur transaksi, serta mengerjakan bagian atas gerbang.

Bagi pemudik yang akan melintasi Tol Jakarta Cikampek, diingatkan bila sudah tak ada transaksi lagi di GT Cikarang Utama. Bagi pemudik yang akan ke arah Jawa Tengah transksi akan berlangsung di GT Cikampek Utama Km 70, sementara ke arah Bandung di GT Kalihurip Utama.

Baca juga: Empat Proyek di Tol Cikampek Distop Saat Mudik

Sebelumnya, Raddy R. Lukman, General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, mengatakan, bila gerbang tersebut akan siap dioperasikan sesuai jadwal yang sudah disiapkan. Pemindahan gerbang pun bukan dikarenakan akibat antisipasi kepadatan mudik saja, namun menjadi bagian optimalisasi dari Tol Jakarta-Cikampek.

"Saat ini proses konstruksi di GT Cikampek Utama sudah memasuki tahap penyelesaian GT Satelit, sementara Main Gate sudah 100 persen bisa digunakan. Kami pastikan di 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB nanti, GT Cikampek Utama siap beroperasi untuk melayani transaksi pengguna jalan," ucap Raddy kepada media di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70

Baca juga: Mudik Arah Merak, Ada Proyek Perbaikan Jalan

Raddy memaparkan bahwa pemindahan transaksi dari GT Cikarang Utama merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalkan fungsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai jalan tol radial Jabotabek yang menuju ke arah Jakarta agar pergerakan lalulintasnya menjadi lebih lancar.

"Sebelumnya kita sudah mulai menghilangkan Gerbang Tol Barrier (Utama) di beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga, untuk mengurangi titik transaksi yang berpotensi menyebabkan antrean, sebagai implikasi dari integrasi ruas jalan tol," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com