Penampakan Gerbang Tol Cikampek Utama, Beroperasi Hari Ini

Kompas.com - 23/05/2019, 03:32 WIB
Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70, siap beroperasi 23 Mei 2019 Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70, siap beroperasi 23 Mei 2019
Penulis Stanly Ravel
|

CIREBON, KOMPAS.com - Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dipastikan sudah siap beroperasi mulai Kamis (23/5/2019) pukul 00.00 WIB. Dari pantauan redaksi Kompas.com yang melakukan Merapah Trans Jawa 4.0 2019, gerbang tol masih dalam tahap penyelesaian.

Beberapa pekerja nampak masih melakukan beragam persiapan. Mulai dari melakukan pengelasan, merapihkan lajur transaksi, serta mengerjakan bagian atas gerbang.

Bagi pemudik yang akan melintasi Tol Jakarta Cikampek, diingatkan bila sudah tak ada transaksi lagi di GT Cikarang Utama. Bagi pemudik yang akan ke arah Jawa Tengah transksi akan berlangsung di GT Cikampek Utama Km 70, sementara ke arah Bandung di GT Kalihurip Utama.

Baca juga: Empat Proyek di Tol Cikampek Distop Saat Mudik

Sebelumnya, Raddy R. Lukman, General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, mengatakan, bila gerbang tersebut akan siap dioperasikan sesuai jadwal yang sudah disiapkan. Pemindahan gerbang pun bukan dikarenakan akibat antisipasi kepadatan mudik saja, namun menjadi bagian optimalisasi dari Tol Jakarta-Cikampek.

"Saat ini proses konstruksi di GT Cikampek Utama sudah memasuki tahap penyelesaian GT Satelit, sementara Main Gate sudah 100 persen bisa digunakan. Kami pastikan di 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB nanti, GT Cikampek Utama siap beroperasi untuk melayani transaksi pengguna jalan," ucap Raddy kepada media di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama I di KM 70

Baca juga: Mudik Arah Merak, Ada Proyek Perbaikan Jalan

Raddy memaparkan bahwa pemindahan transaksi dari GT Cikarang Utama merupakan bagian dari upaya untuk mengoptimalkan fungsi Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai jalan tol radial Jabotabek yang menuju ke arah Jakarta agar pergerakan lalulintasnya menjadi lebih lancar.

"Sebelumnya kita sudah mulai menghilangkan Gerbang Tol Barrier (Utama) di beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga, untuk mengurangi titik transaksi yang berpotensi menyebabkan antrean, sebagai implikasi dari integrasi ruas jalan tol," ucapnya.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X