Captiva "Almaz" di Thailand Dikirim Wuling Indonesia?

Kompas.com - 01/04/2019, 07:22 WIB
Chvrolet Thailand memperkenalkan All New Captiva 2019 di Bangkok Motor Show 2019 Sanook.comChvrolet Thailand memperkenalkan All New Captiva 2019 di Bangkok Motor Show 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Chevrolet Captiva generasi terbaru telah melantai di Bangkok Motor Show pada Selasa 26 Maret 2019. Paling menarik perhatian, ternyata sport utility vehicle (SUV) tersebut satu platform dengan Wuling Almaz.

Fenomena itu sangat wajar terjadi di industri otomotif, apalagi Wuling dan General Motors beraliansi di China. Alhasil, untuk efisiensi biaya riset dan lain sebagainya, antar anggota aliansi memakai cara berbagi platform.

Kehadiran SUV ini bisa menjadi sedikit janggal bagi Chevrolet di Thailand, mengingat merek asal Amerika Serikat (AS) ini hanya memproduksi pikap Colorado dan TrailBlazer di pabrik Rayong, Thailand.

Melihat kondisi itu, muncul spekulasi kalau Wuling Indonesia yang memproduksi Almaz bisa menjadi pemasok SUV medium itu untuk Chevrolet di Thailand. Apalagi, merek otomotif asal China tersebut punya rencana ekspor dan prioritas utama ke negara dengan setir kanan.

Baca juga: Chevrolet Captiva Baru Berbasis Wuling Almaz

"Kalau itu saya belum tahu, kita luhat tahun ini perkembangannya seperti apa," ucap Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani menjawab pertanyaan Kompas.com belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Wuling AlmazKOMPAS.com / Aditya Maulana Wuling Almaz

Dian melanjutkan, pabrik Wuling di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat itu rencana jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan di negara ASEAN. Oleh sebab itu, punya kapasitas maksimal 120.000 unit per tahun.

"Sekarang ini saya belum bisa memutuskan dan bicara banyak terkait hal itu, mohon ditunggu saja pada waktunya akan diinformasikan," ujar Dian.

Captiva terbaru ini, dipastikan juga akan mulai dijual pada semester kedua tahun ini di Thailand. Apabila benar, maka Wuling akan mulai ekspor semester kedua tahun ini.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X