Menengok Calon Bus Listrik Transjakarta [VIDEO]

Kompas.com - 21/03/2019, 09:54 WIB
Bus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas Kompas.com/Setyo AdiBus listrik dari BYD.Pameran Busworld resmi dibuka, Rabu (20/3/2019). Pameran ini berlangsung di JI EXpo Kemayoran dan menampilkan bus model terbaru dan tercanggih serta bus model lawas

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transportasi Jakarta ( TransJakarta) menjadi salah satu peserta pameran di ajang Busworld South East Asia, di Kemayoran Jakarta. Dalam pameran ini perusahaan transportasi tersebut memperlihatkan dua konsep bus bertenaga listrik yang menjadi calon armadanya di masa depan.

Bus listrik pertama adalah BYD K9. Bus ini memiliki jarak tempuh hingga 250 kilometer dengan kecepatan maksimal hingga 70 kilometer per jam. Untuk motor listriknya menggunakan motor listrik AC Synchronous yang memiliki tenaga 300 kW dengan torsi 1.000 Nm dan 180 kW dengan torsi 800 Nm.

Bus yang didatangkan oleh Bakrie Autopart ini membutuhkan waktu tiga sampai empat jam untuk mengisi dari keadaan kosong hingga penuh.Bus ini sudah digunakan sebagai transportasi delegasi di acara IMF-World Bank di Bali, Oktober 2018 lalu.

Untuk bus MAB adalah seri MD12-E. Bus ini berjenis low deck untuk kemudahan akses dengan kapasitas penumpang 60 orang. Bus ini juga mampu menempuh jarak 250 kilometer. Tenaga yang dihasilkan motornya mencapi 200 kW dengan torsi 2.400 Nm. 

Transjakarta Terus Uji Coba Bus Listrik

“Tujuan memamerkan dua bus konsep ini adalah untuk membangun awareness pada masyarakat. Kita ingin tunjukkan bahwa bus listrik itu ada dan itu masa depan. Studinya sudah dilakukan Pemprov DKI Jakarta dan soal bus yang mana, kami terbuka. Asalkan memenuhi syarat dari kita. Nanti diuji di situ,” ucap Direktu Utama Transjakarta, Agung Wicaksono.

Untuk lebih jelasnya seperti apa bus listrik Transjakarta, simak video berikut


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X