Tengok Spesifikasi Motor Sangar yang Dinaiki Jokowi

Kompas.com - 12/03/2019, 11:24 WIB
Presiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019). KOMPAS.com/IhsanuddinPresiden Joko Widodo menjajal motor balap berkapasitas mesin 1000 CC. Hal itu terjadi usai Jokowi bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna, pemegang lisensi MotoGP, di Istana Bogor, Senin (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah memastikan akan mendukung penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok pada 2021 mendatang. Ini dinyatakannya setelah bertemu CEO Dorna, Carmelo Ezpelata dalam pertemuan di Istana Bogor, Senin (11/3/2019) sore.

Hal yang menarik, Jokowi tampak tertarik pada sebuah motor berkelir hitam yang diparkir di depan Istana Bogor. Jokowi bahkan menggambarkan motor ini sangar di akun Instagram pribadinya.

Menengok ke belakang, unit motor yang di tumpangi Jokowi adalah motor Marc Marquez versi jalan raya yang disebut RC213V-S. Motor ini sudah dibawa Astra Honda Motor (AHM) ke Indonesia sejak 2016 lalu.

Motor ini memiliki konfigurasi serupa motor MotoGP yakni V4 berkapasitas 999 cc DOHC 4 valve dengan pendingin cairan. Motor ini punya tenaga maksimal 170 tk pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm.

Honda RC213V-S Cocok untuk Pemula

Honda RC213V-S hadir di JakartaOtomania Honda RC213V-S hadir di Jakarta

Sistem pengabutannya sudah injeksi dengan teknologi PGM-FI dan kapasitas bahan bakarnya 16,3 liter.

Bagi yang tertarik, motor ini bisa dimiliki di garasi rumah dengan banderol Rp 9 miliar untuk perkiraan harga saat ini. AHM akan memfasilitasi menghubungi Honda pusat karena ketersediaan motor ini memang sangat terbatas.

Soal rencana MotoGP sendiri, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia optimis dapat mewujudkan rencana ini. Ia melihat keberhasilan Asian Games 2018 yang sukses terselenggara tahun lalu dan mendukung penuh persiapan Mandalika menjadi sirkuit jalan raya untuk gelaran balap motor dunia tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021 ... hehehe. Tentu saya hanya bercanda akan ikut balapan. Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang. Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi mau pun infrastrukturnya. Sebelumnya, Dorna telah melakukan penandatanganan kerja sama penyelenggaraan MotoGP dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada awal tahun ini. Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah. Sirkuit ini segera kita siapkan berupa jalan raya yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on Mar 11, 2019 at 6:12pm PDT

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X