Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tengok Spesifikasi Motor Sangar yang Dinaiki Jokowi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah memastikan akan mendukung penyelenggaraan MotoGP di Mandalika, Lombok pada 2021 mendatang. Ini dinyatakannya setelah bertemu CEO Dorna, Carmelo Ezpelata dalam pertemuan di Istana Bogor, Senin (11/3/2019) sore.

Hal yang menarik, Jokowi tampak tertarik pada sebuah motor berkelir hitam yang diparkir di depan Istana Bogor. Jokowi bahkan menggambarkan motor ini sangar di akun Instagram pribadinya.

Menengok ke belakang, unit motor yang di tumpangi Jokowi adalah motor Marc Marquez versi jalan raya yang disebut RC213V-S. Motor ini sudah dibawa Astra Honda Motor (AHM) ke Indonesia sejak 2016 lalu.

Motor ini memiliki konfigurasi serupa motor MotoGP yakni V4 berkapasitas 999 cc DOHC 4 valve dengan pendingin cairan. Motor ini punya tenaga maksimal 170 tk pada 11.000 rpm dan torsi 102 Nm pada 10.500 rpm.

Sistem pengabutannya sudah injeksi dengan teknologi PGM-FI dan kapasitas bahan bakarnya 16,3 liter.

Bagi yang tertarik, motor ini bisa dimiliki di garasi rumah dengan banderol Rp 9 miliar untuk perkiraan harga saat ini. AHM akan memfasilitasi menghubungi Honda pusat karena ketersediaan motor ini memang sangat terbatas.

Soal rencana MotoGP sendiri, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia optimis dapat mewujudkan rencana ini. Ia melihat keberhasilan Asian Games 2018 yang sukses terselenggara tahun lalu dan mendukung penuh persiapan Mandalika menjadi sirkuit jalan raya untuk gelaran balap motor dunia tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/03/12/112400715/tengok-spesifikasi-motor-sangar-yang-dinaiki-jokowi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke