Civic Type R Akan Mendapatkan Mesin Hybrid di Masa Depan

Kompas.com - 10/03/2019, 16:42 WIB
Civic Type R TCR 2018 GIIAS 2018 HPMCivic Type R TCR 2018 GIIAS 2018

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda telah mengumumkan strategi masa depan mereka untuk mulai memasuki produk kendaraan listrik terutama di pasar Eropa. Rencana ini diungkapkan Honda pada acara Geneva Auto Show 2019 yang berlangsung dari awal Maret lalu.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah produk hatchback sport Honda Civic Type R. Rencana masa depan Honda ini mau tidak mau mempengaruhi produk ini di masa depan yang kemungkinan akan ditambahkan varian mesin hibrida pada 2021.

“Sejak kami membuat rencana ini pada Maret 2017 lalu, perubahan ke arah kendaraan listrik berada pada tahap yang tidak dapat dihindari. Tantangan lingkungan membuat kebutuhan produk mobilitas yang ramah lingkungan meningkat. Teknologi yang semakin maju membuat masyarakat mulai berpindah cara pandang mereka terhadap produk kendaraan itu sendiri,” ucap Head of Honda Europa Tom Gardner dikutip dari Autocar, Minggu (10/3/2019).

Langkah Honda ini dinilai cukup signifikan meski tidak langsung menjajakan mobil yang hanya menggunakan motor listrik. Langkah ini juga dinilai dari kesuksesan Honda membuat NSX bermesin hibrida yang sudah hadir di pasaran.

Pasokan Civic Type R ke Indonesia Aman

NSX menggunakan mesin twin turbo 3.5L V6 yang ditambahkan dengan tiga motor listri untuk menghasilkan tenaga 573 tk. Meski mesin yang digunakan tidak akan sebesar NSX, Civic Type R kemungkinan dapat menggunakan mesin 2.0 L untuk memangkas catatan waktu melesat dari diam sampai 100 kpj dalam waktu 5,8 detik.

Honda sendiri dua tahun lalu sudah mengungkapkan akan merubah strategi produknya untuk menjadi elektrik di 2025. Namun belakangan rencana ini dipercepat dengan target ambisius untuk menjadikan produk mereka seluruhnya bermotor listrik untuk Eropa.

Langkah besar lainnya adalah rencana penutupan pabrik Honda di Swindon, Inggris pada 2021 mendatang. Ini termasuk dalam langkah menjadikan produk Honda masuk ke masa motor listrik dan memindahkan pabrik mereka kemungkinan besar ke China dan Jepang.

Pada pameran tahunan Geneva Auto Show, Honda memperkenalkanUrban EV Concept yang akan menjadi produk mobil listrik Honda. Produk ini akan ditawarkan bersama CR-V Hibrida, menyusul Jazz Hybrid dan Civic di 2021.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber autocar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X