Kata Daihatsu, Xenia 1.5 Bukan Lawan Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 12/02/2019, 08:22 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

SIBOLGA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memasarkan Xenia bermesin 1.500 cc untuk para konsumen. Kehadirannya pun mengundang spekulasi bahwa Xenia bermesin serupa Avanza ini dihadirkan untuk menyaingi Mitsubishi Xpander.

Saat mengkonfirmasikan hal tersebut, Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra, menegaskan, bila kehadiran Xenia 1.500 cc lebih untuk memfasilitasi konsumen setia Xenia sebelumnya yang ingin naik kelas.

"Kami hanya ingin menyediakan bagi konsumen Xenia yang ingin naik ke 1.500 cc. Dari dulu saya bilang marketnya Xenia beda dengan Xpander dan Xenia bukan lawan Xpander dan tidak ada impact dengan Xpander," ucap wanita yang akrab disapa Amel kepada wartawan di Sibolga, Sumatera Utara, Senin (11/2/2019).

Baca juga: Cerita Daihatsu Pasang Mesin 1.500 Cc ke Xenia

Amel juga mengatakan, secara porsi penjualan, Xenia 1.500 cc hanya mengambil 10 persen dari keseluruhan target Xenia, yakni 300 unit per bulan. Sementara bila dibandingkan dengan Xpander, yang mencapai 5.000 sampai 6.000 unit, sangat jauh perbedaannya.

Dengan target 300 unit per bulan, menurut Amel konsumen yang memang menjadi sasaran utama Xenia 1.500 cc bukan merupakan konsumen baru, tapi para pemakai Xenia lawas.

Daihatsu Xenia 1.500 cc Daihatsu Xenia 1.500 cc
"Targetnya konsumen yang ingin step-up dari Xenia 1.3, kita lihat saja benar atau tidak prediksinya. Tapi kalau memang melebihi kita berbersyukur," ucap Amel.

Sebelumnya, Marketing & CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan, munculnya Xenia 1.500 karena disesuaikan dengan permintaan dari konsumennya.

"Kami hadirkan semata-mata buka karena faktor persaingan pasar, tapi karena memang ada permintaan dari pelanggan. Sebelumnya kami juga sudah melakukan survei lebih dulu," ucap Hendrayadi beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.