Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Xenia Bekas Tetap Dicari

Kompas.com - 06/02/2019, 13:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran model terbaru Avanza dan Xenia membuat segmen low MPV kembali bergairah. Hadir dengan beberapa pembaruan, kedua model ini jadi incaran calon konsumen yang membutuhkan mobil keluarga dengan penumpang lebih dari lima orang.

Model terbaru tersebut ditawarkan tanpa perubahan harga dari model terdahulu. Apakah ini akan mempengaruhi pasar mobil bekas kedua model?

Presiden Direktur Mobil 88, Halomoan Fischer mengungkapkan, kehadiran kedua model terbaru belum banyak berpengaruh dengan pasar mobil bekas terutama model Avanza dan Xenia terdahulu. 

“Kehadiran keduanya tidak ada pengaruh kepada pasaran mobil bekas. Walau harga sama, tidak terpengaruh,” ucap Fischer yang ditemui beberapa waktu lalu.

Baca juga: Punya Rp 150 juta, Pilih Avanza Bekas atau Calya?

Fischer mengungkapkan, pasar mobil bekas memang melihat kehadiran mobil-mobil baru, terutama dari segi harga. Utamanya, konsumen akan lebih mempertimbangkan harga net ketimbang pricelist

“Harga net itu ]dari pricelist dikurangi diskon. Nah pasar melihat di situ. Sampai sekarang tidak ada perubahan permintaannya, masih sama dengan sebelum peluncuran yang baru,” ucap Fischer.

Mobil88 sendiri mengungkapkan, jualan di awal tahun masih didominasi model low MPV dengan persentase 40 sampai 45 persen. Model kedua yang paling banyak dicari adalah city car dan hatchback dengan persentasi 15 sampai 17 persen.

Pedagang mobil bekas lainnya, Riky dari Nusa Indah Motor, Duren Sawit mengungkapkan kehadiran Avanza dan Xenia baru saat ini belum banyak pengaruh ke mobil bekas terutama model yang sama. Pasalnya kedua model tersebut selalu memiliki konsumen setiap bulannya meski ada pembaruan.

“Ada saja yang mencari Avanza dan Xenia. Paling banyak tahun 2017-2018. Soal harga meski tidak berbeda jauh, konsumen tetap melihat dari kebutuhannya dan dana yang tersedia,” ucap Riky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com