Lawan Xpander, Suzuki Bikin Ertiga ala "Crossover"

Kompas.com - 06/02/2019, 08:02 WIB
Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018STANLY RAVEL Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki dikabarkan sedang menyiapkan Ertiga baru yang direncanakan meluncur tahun ini di Indonesia. Menariknya, mobil yang bermain di segmen MPV sejuta umat ini bakal hadir menggunakan basis sebuah crossover.

Dilansir dari rushlane.com, Ertiga dengan basis crossover tersebut akan dibuat oleh Suzuki Indonesia, bahkan telah dijadwalkan untuk melakukan debut global di akhir 2019 mendatang.

Untuk desain, Suzuki melakukan sejumlah ubahan di sektor eksterior. Perubahan yang dilakukan diklaim terinspirasi dari konsep Suzuki Ertiga Sport yang ditampilkan saat ajang GIIAS 2018 lalu.

Baca juga: Suzuki Wagon R Baru Masih Jauh dari Indonesia

Dari sisi ekterior, diawali dari desain bumper baik di depan maupun belakang yang kemudian diikuti dengan penggunaan dimensi pelek yang lebih besar. Setelah itu terdapat sentuhan body cladding dan ornamen krom.

Masuk ke interior, kabin rencananya akan dibalut dengan dominasi warna hitam yang dipadukan dengan fitur-fitur modern. Seperti multifunction steering wheel, automatic climate control, sampai sarana hiburan SmartPlay yang telah mengadopsi navigasi, Andorid Auto, dan Apple CarPlay.

Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018STANLY RAVEL Suzuki Ertiga Sport di GIIAS 2018

Sementara untuk perangkat keselamatan, Ertiga crossover juga sudah ditunjang dengan dual airbag, anti-lock braking system (ABS), dan EBD yang telah menjadi perangkat standarnya.

Baca juga: Dicari, Carry Pikap Lawas yang Masih Terawat

Kabar soal Ertiga crossover sebelumnya sudah pernah dibicarakan oleh pihak Head of Brand Development and Marketing Research 4W Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel. Menurut Harold, sampai saat ini pihaknya belum ada pembicaraan mengarah ke sana.

"Suzuki yang crossover itu sumbernya dari India. Mungkin ada pengembangan produk dari tim di India untuk Ertiga yang ada di sana, pastinya itu sesuai kebutuhan dan market yang ada di sana seperti apa. Untuk di Indonesia kami belum ke arah sana, nanti kalau ke arah sana pasti akan kita update. Kalau untuk crossover kita masih percaya diri dengan SX4 hingga saat ini," ujar Harold beberapa waktu lalu.




Close Ads X