Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Wagon R Baru Masih Jauh dari Indonesia

Kompas.com - 01/02/2019, 11:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki resmi merilis Wagon R baru di pasar otomotif India. Secara perubahan, mobil yang bermain di segmen mobil kota ini banyak mendapat pembaruan, baik dari sisi desain, interior, sampai mesin.

Sayang generasi baru Wagon R ini belum mendapat kepastian apakah bisa masuk dan bermain di pasar Indonesia. Menurut Head of Brand Development and Marketing Research 4W Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, untuk memasukan Wagon R ke Indonesia harus menunggu peraturan terkait mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC).

"Wagon R itu diluncurkan di India, kita belum ada rencana penyegaran fisik sampai ke arah sana untuk Indonesia karena kita masih banyak peraturan-peraturan sehubungan LCGC. Jadi perubahan tersebut harus kita diskusikan dulu dengan pemerintah," ujar Harold kepada media di Kemayoran beberapa waktu lalu.

Baca juga: Simak Ubahan Suzuki Wagon R Terbaru

Wagon R sendiri di Indonesia memang bermain di pasar mobil murah ramah lingkungan. Kondisi tersebut membuat setiap ada pembaruan atau perubahan yang akan dilakukan harus melalui tahap diskusi dengan pemerintah.

Suzuki Wagon R terbaru hadir di IndiaSuzuki India Suzuki Wagon R terbaru hadir di India

Menurut Harold, terkait perubahan-perubahan pada mobil murah erat kaitannya dengan kandungan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Karena itu perlu ada pembahasan lebih matang baik dari internal ataupun dengan pemerintah.

"Terkait peraturan sehubungan dengan LCGC salah kita harus diskusikan dengan pemerintah. Lalu nantinya kandungan TKDN bertambah atau tidak kita rembukan dulu secara internal. Untuk konsumsi bahan baka dan emisi, kita sampai saat ini belum dapat update-nya," ujar Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com