Kenali Ciri Kaca Film pada Mobil yang Bisa Menghambat Sinyal

Kompas.com - 28/01/2019, 09:02 WIB
Kaca Film Makko Group Kaca Film

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah kehilangan sinyal ponsel ketika di dalam mobil? Padahal jaringan dari provider sedang tidak mengalami gangguan. Penyebabnya banyak faktor, bisa kondisi di sekitar atau karena penggunaan kaca film yang salah.

Ternyata ada kaca film yang memang bisa merusak sinyal, sehingga ketika di dalam mobil, ponsel menjadi tidak berfungsi degan baik.

Lantas, untuk masyarakat umum bagaimana caranya mengetahui ciri kaca film yang bisa merusak sinyal ponsel? Menurut Razi Raziasyah, Division Head Comercial Solution (3M Indonesia) sangat mudah diketahui.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Usai Pasang Kaca Film Mobil

" Kaca film yang merusak sinyal itu relatif tampilannya cemerlang atau mengkilat," kata Razi belum lama ini di kawasan Jakarta Barat.

Ragam kaca film di GIIAS 2017Otomania Ragam kaca film di GIIAS 2017

Razi melanjutkan, tidak ada ciri lain karena kaca film yang memiliki tampilan seperti itu dilapisi oleh bahan metal. Jenis komponen itu jelas bisa merusak atau mengganggu sinyal.

"Tetapi permintaan kaca film yang warna metal seperti itu tetap ada. Tergantung selera dan kebutuhan dari konsumen inginnya kaca film yang seperti apa. Tetapi kalau pakai yang seperti itu konsekuensinya susah sinyal," kata Razi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X