Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film 3M Ekspansi ke Timur Indonesia

Kompas.com - 25/01/2019, 19:25 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merek kaca film 3M terus memperluas jaringan di Indonesia. Kali ini, Makko Group resmi menjadi distributor produk 3M AutoFilm, untuk area Indonesia bagian Timur, meliputi Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Irian Jaya.

Kesepakatan bisnis ini sekaligus memperluas eksistensi di Indonesia dan peran Makko Group menambah rute ditrsibusi 3M di Indonesia.

"Suatu kehormatan bagi kami ditunjuk sebagai distributor resmi 3M Indonesia. Kami sangat antusias menghadirkan beragam produk 3M ke lini bisnis kami yang sedang berkembang," ujar CEO Makko Group Christopher Sebastian di kawasan Jakarta Barat, Jumat (25/1/2019).

Christopher melanjutkan, ini juga merupakan langkah yang sangat berharga bagi para reseller dan pelanggan. Sebagai tahap awal, lanjut dia akan memulai dengan produk kaca film, di mana sejalan dengan core business perusahaan selama ini.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Usai Pasang Kaca Film Mobil

"Kami yakin bahwa kehadiran produk berkualitas tinggi dan inovasi teknologi dari 3M, dikombinasikan dengan jaringan distrubusi Makko Group di Indonesia akan menjadi dasar kuat dalam membangun sinergi dan ekosistem positif," ucap Christopher.

Makko Group Resmi Jadi Distributor 3MKOMPAS.com / Aditya Maulana Makko Group Resmi Jadi Distributor 3M

Sementara itu, Razi Raziasyah, Division Head Comercial Solution (3M Indonesia) menambahkan, selama ini 3M memiliki dua distributor resmi, yaitu Dharmesta dan Eurokars. Pembagian bisnis, Dharmesta untuk pasar OEM, sementara Eurokars aftermarket dan retail.

"Setelah ada Makko, jadi untuk aftermarket dibagi menjadi 2 wilayah, Eurokars fokus di Sumatera, Jawa dan Bali, sementara Makko untuk Indonesia Timur," kata Razi di tempat sama.

Selain 3M, masyarakat pengguna mobil juga bisa mendapatkan merek kaca film lain yang sudah beredar di Indonesia. Tentunya, disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi ekonomi dari masing-masing konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com