Dua Bulan, Tarif Tol Trans Jawa Masih Diskon 15 Persen

Kompas.com - 21/01/2019, 07:22 WIB
Jembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang. Baihaki/KONTANJembatan Kalikuto Jalan Tol Batang-Semarang.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Senin (23/1/2019) pukul 00.00 WIB, tujuh ruas tol Trans Jawa yang sebelumnya masih gratis akan mulai dikenakan tarif. Otomatis kini semua ruas tol sepanjang Merak hingga Pasuruan sudah bertarif dan ada penyesuaian hitungan harga kembali bagi yang ingin melintasinya.

Tujuh ruas yang akan mulai bertarif merupakan ruas yang sebelumnya di resmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang akhir Desember lalu. Mulai dari Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura, dan Tol Ngawi-Kertosono, Tol Kertosono-Mojokerto, Tol Gempol-Pasuruan, serta Tol Porong-Gempol.

PT Jasa Marga (Persero) mengatakan tol Trans Jawa terbagi dalam empat klaster berdasarkan pembagian wilayah operasi. Klaster I terdiri dari Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Klaster II Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang. Klaster III terdiri dari Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya, sementara Klaster IV yaitu Porong-Gempol, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, dan Pasuruan-Probolinggo.

Baca juga: Mulai 21 Januari, 7 Ruas Tol Trans-Jawa Mulai Bayar

Kabar baiknya, meski semua ruas sudah resmi bertarif, namun selama dua bulan Jasa Marga memberikan diskon khusus sebesar 15 persen. Menurut Pgs. General Manager Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol Bagus Cahya AB, diskon tarif diberikan kepada pengguna jalan dengan jarak terjauh pada satu klaster di Klaster II-IV.

"Diskon 15 persen diberikan kepada pengguna jalan tol dengan jarak terjauh karena kami ingin memprioritaskan konektivitas yang tercipta antar satu daerah dengan lainnya," ujar Bagus dalam siaran resminya, Minggu (20/1/2019).

Bagus melanjutkan, diskon tarif 15 persen pada Klaster II hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di Gerbang Palimanan dan keluar di Kali Kangkung, serta sebaliknya. Sementara pada Klaster III berlaku bagi pengguna yang masuk di Banyumanik dan keluar di Waruguning, dan sebaliknya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Kabar gembira! Diskon 15% untuk Kawan JM pengendara Tol Trans Jawa! . Kawan JM pastinya juga sudah tahu bahwa mulai 21 Januari 2019 pukul 00.00 WIB atau tepatnya dini hari nanti, ruas tol Trans Jawa yang Desember lalu diresmikan oleh Presiden @jokowi resmi bertarif. . Nah, penerapan tarif ini dibarengi dengan pemberlakuan diskon 15% selama 2 bulan untuk Kawan JM pengendara dengan jarak terjauh dalam satu cluster di Cluster II, Cluster III, dan Cluster IV (barrier to barrier). . Seperti apa sih mekanisme diskon di Cluster Jalan Tol Trans Jawa? Diskon tarif tol sebesar 15% hanya berlaku pada: - Cluster II: Masuk dari Gerbang Tol (GT) Palimanan dan keluar di GT Kali Kangkung, serta sebaliknya. - Cluster III: Masuk dari GT Banyumanik dan keluar di GT Warugunung, serta sebaliknya. - Cluster IV: Masuk dari GT Kejapanan Utama dan keluar di GT Grati, serta sebaliknya. . Untuk Kawan JM yang masuk dan keluar selain dari dan menuju gerbang tol yang telah disebutkan, maka diskon tarif 15% tidak berlaku, ya! . Eits tapi jangan lupa cek syarat dan ketentuan tarif tol diskonnya dalam infografis di atas ya, Kawan JM! Diskon tarif tidak berlaku di Jalan Tol Merak-Tangerang, Jalan Tol Trans Jawa Cluster I, Jalan Tol Semarang ABC dan Jalan Tol Surabaya-Gempol (Dupak-Porong). . Jasa Marga tak henti mengimbau kepada Kawan JM, untuk selalu mengecek kecukupan saldo uang elektronik sebelum melakukan perjalanan di jalan tol. Diskon ini juga tidak berlaku untuk uang elektronik dengan saldo kurang dan uang elektronik yang tidak dapat dibacakan. . Selalu waspada saat berkendara, dan perhatikan rambu serta kecepatan kendaraan. Selamat malam, Kawan JM! . . . #JasaMarga #TolTransJawa #BUMNHadirUntukNegeri #JasaMargaConnectingIndonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga) pada 20 Jan 2019 jam 5:31 PST

"Klaster IV hanya berlkau bagi pengguna dari Kejapanan Itama dan keluar di Grati, serta sebaliknya. Untuk pengguna jalan yang masuk dan keluar selain dari dan menuju gerbang tol yang telah disebutkan, maka diskon tarif 15 persen tidak berlaku," ucap Bagus.

Baca juga: Biaya Perjalanan Jalur Darat Trans Jawa dalam 2 Skenario

Berikut rincian ongkos tarif Tol Trans Jawa per 21 Januari 2019 untuk kendaraan Golongan I ;

Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp 334.500.000
Merak-Jakarta (via JORR-Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp 397.500.000
Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Surabaya (Kejapanan Utama) Rp 660.500.000
Merak-Jakarta (via JORR-Jakarta-Cikampek)-Surabaya Rp 723.500.000
Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 712.500.000
Merak-Jakarta (via JORR-Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 775.500.000

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X