Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Bulan, Tarif Tol Trans Jawa Masih Diskon 15 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai Senin (23/1/2019) pukul 00.00 WIB, tujuh ruas tol Trans Jawa yang sebelumnya masih gratis akan mulai dikenakan tarif. Otomatis kini semua ruas tol sepanjang Merak hingga Pasuruan sudah bertarif dan ada penyesuaian hitungan harga kembali bagi yang ingin melintasinya.

Tujuh ruas yang akan mulai bertarif merupakan ruas yang sebelumnya di resmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelang akhir Desember lalu. Mulai dari Tol Pemalang-Batang, Tol Batang-Semarang, Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura, dan Tol Ngawi-Kertosono, Tol Kertosono-Mojokerto, Tol Gempol-Pasuruan, serta Tol Porong-Gempol.

PT Jasa Marga (Persero) mengatakan tol Trans Jawa terbagi dalam empat klaster berdasarkan pembagian wilayah operasi. Klaster I terdiri dari Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Klaster II Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang. Klaster III terdiri dari Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya, sementara Klaster IV yaitu Porong-Gempol, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, dan Pasuruan-Probolinggo.

Kabar baiknya, meski semua ruas sudah resmi bertarif, namun selama dua bulan Jasa Marga memberikan diskon khusus sebesar 15 persen. Menurut Pgs. General Manager Jasa Marga Cabang Surabaya Gempol Bagus Cahya AB, diskon tarif diberikan kepada pengguna jalan dengan jarak terjauh pada satu klaster di Klaster II-IV.

"Diskon 15 persen diberikan kepada pengguna jalan tol dengan jarak terjauh karena kami ingin memprioritaskan konektivitas yang tercipta antar satu daerah dengan lainnya," ujar Bagus dalam siaran resminya, Minggu (20/1/2019).

Bagus melanjutkan, diskon tarif 15 persen pada Klaster II hanya berlaku bagi pengguna jalan yang masuk di Gerbang Palimanan dan keluar di Kali Kangkung, serta sebaliknya. Sementara pada Klaster III berlaku bagi pengguna yang masuk di Banyumanik dan keluar di Waruguning, dan sebaliknya.

Berikut rincian ongkos tarif Tol Trans Jawa per 21 Januari 2019 untuk kendaraan Golongan I ;

Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp 334.500.000
Merak-Jakarta (via JORR-Jakarta-Cikampek)-Semarang Rp 397.500.000
Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Surabaya (Kejapanan Utama) Rp 660.500.000
Merak-Jakarta (via JORR-Jakarta-Cikampek)-Surabaya Rp 723.500.000
Jakarta (Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 712.500.000
Merak-Jakarta (via JORR-Jakarta-Cikampek)-Pasuruan (Grati) Rp 775.500.000

https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/21/072200615/dua-bulan-tarif-tol-trans-jawa-masih-diskon-15-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke