Siap-siap, Tilang Elektronik Akan Berlaku di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 18/01/2019, 07:02 WIB
CCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman. MAULANA MAHARDHIKACCTV terpasang di kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.

JAKARTA, KOMPAS.comTilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ E-TLE) baru diberlakukan di beberapa wilayah, seperti DKI Jakarta, Semarang, Jawa Tengah, dan Makassar, Sulawesi Selatan. Rencana jangka panjang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, salah satu bentuk proses yaitu mendata seluruh kendaraan yang ada di Indonesia melalui sistem yang diberinama Electronic Registration and Identification (ERI).

"Jakarta itu menjadi kota pertama yang menerapkan tilang elektronik. Ke depan sudah pasti akan berlaku di seluruh Indonesia, demi menjaga ketertiban berlalu lintas," ujar Refdi di gedung NTMCPolri, Kamis (1/17/2019).

Baca juga: Tahun Depan Tilang Elektronik di Jakarta Diperluas

Refdi melanjutkan, di Jakarta sendiri penerapan tilang elektronik tergolong sukses. Banyak pelanggar lalu lintas yang terekam kamera ketika melanggar rambu lalu lintas di jalan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Apalagi, jika semua kendaraan bermotor dengan pelat selain Jakarta sudah bisa ditilang secara elektronik, jumlah pelanggaran dan tentunya kecelakaan lalu lintas akan semakin kecil," kata Refdi.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sendiri sudah mengajukan bantuan dana kepada Pemprov DKI Jakarta untuk keperluan penambahan kamera CCTV  karena akan memperluas penerapan tilang elektronik. Sekarang ini baru diterapkan di jalan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X