Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Tilang Elektronik Akan Berlaku di Seluruh Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com — Tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE) baru diberlakukan di beberapa wilayah, seperti DKI Jakarta, Semarang, Jawa Tengah, dan Makassar, Sulawesi Selatan. Rencana jangka panjang akan diterapkan di seluruh Indonesia.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri mengatakan, salah satu bentuk proses yaitu mendata seluruh kendaraan yang ada di Indonesia melalui sistem yang diberinama Electronic Registration and Identification (ERI).

"Jakarta itu menjadi kota pertama yang menerapkan tilang elektronik. Ke depan sudah pasti akan berlaku di seluruh Indonesia, demi menjaga ketertiban berlalu lintas," ujar Refdi di gedung NTMCPolri, Kamis (1/17/2019).

Refdi melanjutkan, di Jakarta sendiri penerapan tilang elektronik tergolong sukses. Banyak pelanggar lalu lintas yang terekam kamera ketika melanggar rambu lalu lintas di jalan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Apalagi, jika semua kendaraan bermotor dengan pelat selain Jakarta sudah bisa ditilang secara elektronik, jumlah pelanggaran dan tentunya kecelakaan lalu lintas akan semakin kecil," kata Refdi.

Sementara itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sendiri sudah mengajukan bantuan dana kepada Pemprov DKI Jakarta untuk keperluan penambahan kamera CCTV  karena akan memperluas penerapan tilang elektronik. Sekarang ini baru diterapkan di jalan Sudirman dan Thamrin, Jakarta Pusat.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/01/18/070200015/siap-siap-tilang-elektronik-akan-berlaku-di-seluruh-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke