Gerak Cepat Pertamina Sambut Era Kendaraan Listrik

Kompas.com - 10/12/2018, 16:38 WIB
Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akhirnya meresmikan stasiun pengisian daya listrik dalam program Green Energy Station (GES) di SPBU COCO Kuningan, Senin (10/12/2018). Hal ini menjadi langkah Pertamina menghadapi pergeseran dunia otomotif menuju kendaraan listrik.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, GES merupakan program sinergi baik dari pemerintah maupun pihak swasta sebagai sarana mendukung kendaran listrik yang akan menjadi kendaraan masa depan. Seluruh pihak dalam suatu visi yang sama untuk menghadirkan ekosistem energi masa depan bagi Indonesia.

"Hari ini kami luncurkan pilot project Green Energy Station Pertamina untuk bagaimana kita kemudian bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi ke arah renew energy. Electric Vehicles (EV) adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, karena itu kami bergegas mengembangkan dan menyediakan kebutuhan charging station kendaraan listrik,"ujar Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawat, dalam sambutannya, Senin (10/12/2018).

Baca juga: Pertamina Menyatakan Siap Jadi Produsen Baterai Litium

Untuk ketiga konsep yang dimaksud adalah green dengan cara memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PTS) di area SPBU. Kedua merupakan konsep future yang memiliki EV charging station, sementara ketiga digital melalui MyPertamina yang menjadikan pembayaran di SPBU cahsless serta adanya self-service.

Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan Pertamina luncurkan Green Energy Station di SPBU COCO Kuningan

Menurut Nicke, SPBU COCO Pertamina Kuningan yang menjadi pilot project GES sudah menggunakan solar panel yang diklaim mampu memenuhi 25 persen kebutuhan listrik. Ada 2x30 kwp yang dijadikan untuk PLTS dan baterai untuk 12 kW.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pertamina Sediakan Charging Station di SPBU Kuningan

"Ada tiga jenis charging station yang kita luncurkan, pertama fast charging dengan daya pengisian full kurang dari 15 menit sebanyak dua unit, dua normal charging dengan pengisian full 30 menit, dan yang ketiga yang kita jual ke rumah-rumah," ucap Nicke.

Selain charging station, tersedia layanan swapping bateri untuk motor listrik . Selain charging station, tersedia layanan swapping bateri untuk motor listrik .

Nantinya, GES sendiri diproyeksikan akan menjadi tempat untuk pengisian baterai EV serta tempat penukaran (swapping) baterai untuk sepeda motor listrik. Untuk itu, ke depan Pertamina akan menabah jaringan GES di seluruh penjuru Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.