Pertamina Sediakan "Charging Station" di SPBU Kuningan

Kompas.com - 23/11/2018, 11:53 WIB
Empat stasiun pengisian daya mobil listrik di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan, yang menjadi program Green Energy Station (GES). stanlyEmpat stasiun pengisian daya mobil listrik di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan, yang menjadi program Green Energy Station (GES).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pemandangan berbeda saat singgah di SPBU COCO Pertamina Kuningan, Jakarta Selatan. Pasalnya sudah terdapat empat stasiun pengisian daya listrik yang semuanya telah terinstalasi dan siap untuk digunakan.

Dari pengamatan Kompas.com, keempat charging station yang disediakan merupakan keluaran dari berbagai penyedia pengisian daya. Satu punya BMW, dua milik Bosch, dan satu lagi berlebel Mitsibishi Motor yang telah menjadi milik Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ketika mengkonfirmasi hal ini ke Vice Presiden Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, menjelaskan bila charging station tersebut merupakan pilot project PT Pertamina (Persero) dalam program Green Energy Station (GES).

Baca juga: Pertamina dan BMW Pamerkan Dispenser Khusus Mobil Listrik

"Itu pilot project dari GES, saat GIIAS lalu kami sudah umumkan. Sebagai tahap awal sengaja kita letakan di SPBU Kuningan dengan mengandengn BMW, Bosch, dan Kemenperin juga," ucap Adiatma kepada Kompas.com, Jumat (23/11/2018).

Adiatma menjelaskan GES sendiri menjadi jawaban dari Pertamina untuk ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Keberadaan GES akan menjadi bukti bila Pertamina siap untuk menghadapi dan memenuhi kebutuhan kendaraan listrik.

SPBU Kuningan, Jakarta Selatan menjadi pilot project Green Energy Station (GES).stanly SPBU Kuningan, Jakarta Selatan menjadi pilot project Green Energy Station (GES).

Baca juga: Ketua DPR Dukung Insentif Mobil Listrik

Sementara untuk kapan mulai bisa digunakan, menurut Adiatma akan segera diluncurkan secara resmi saat Desember 2018 mendatang. 

"Awalnya September kemarin akan kita luncurkan, tapi karena satu dan lain hal jadi pending sampai 10 Desember nanti. Jadi akan kita resmi luncurkan sekaligus di hari ulang tahun Pertamina," kata Adiatma.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X