AMMDes Resmi Diuji Coba Petani Magelang

Kompas.com - 25/10/2018, 17:46 WIB
Sukiat serahkan satu unit AMMDes ke petani Magelang -Sukiat serahkan satu unit AMMDes ke petani Magelang
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum diproduksi massal, Alat Mekanisme Multiguna Pedesaan (AMMDes) produksi Kiat Mahaesa Wintor Indonesia (KMWI) resmi menjalani uji coba, Kamis (25/10/2018).

Proses pengetesan dilakukan dengan memberikan satu unit AMMDes kepada petani di Magelang yang biasa menjalani aktifitas tani menggunakan kendaraan model konvensional yang disebut gerandong.

Penyerahan AMMDes dilakukan oleh Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat, bersama dengan Presiden Director Presiden KMWI Reiza Treistanto dibengkal Kiat Motor, Klaten, Jawa Tengah.

"AMMDes dibuat untuk membantu aktifitas yang berkaitan dengan peningkatan dan pertumbuhan perekonomian desa. Hari ini kami serahkan satu unit menjalani uji coba yang langsung digunakan para petani," ucap Kiat saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (25/10/2018).

Baca juga: Produksi AMMDes Libatkan Petani Desa

Lebih lanjut Kiat menjelaskan bila uji coba dengan petani akan dilakukan hingga akhir Desember 2018. Sementara untuk unit yang diberikan telah dilengkapi dengan alat penggiling padi.

Sukiat serahkan satu unit AMMDes ke petani Magelang- Sukiat serahkan satu unit AMMDes ke petani Magelang

Dari uji coba ini, Kiat mengatakan siap menerima evaluasi apapun bila ada kekurangan yang dirasakan oleh para petani. Karena hal ini akan menjadi masukan sebelum diproduksi awal 2019 mendatang.

"AMMDes ini kendaraan multiguna yang bisa difungsikan sebagai transportasi dan pengangkut barang. Kendaraan ini bisa dipadukan dengan berbagai alat pengolahan pasca-panen, genset, pompa air, serta alat produksi lain. Saya harap nantinya dengan AMMDes bisa membangun komitmen untuk mewujudkan kendaraan karya anak bangsa," ucap Kiat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.