Penyebab Marquez Tercecer di Kualifikasi MotoGP Jepang

Kompas.com - 21/10/2018, 09:31 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, beraksi saat latihan bebas MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, Perancis, Jumat (18/5/2018). Jean-Francois MONIER/AFPPebalap Repsol Honda, Marc Marquez, beraksi saat latihan bebas MotoGP Perancis di Sirkuit Le Mans, Perancis, Jumat (18/5/2018).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez harus rela kehilangan posisi terbaik dalam kompetisi MotoGP Jepang. Dari hasil sesi kualifikasi, pebalap Repsol Honda ini harus memulai laga dari urutan keenam, tepat di bawah Andrea Iannone dari Suzuki Ecstar yang menjadi juru kunci lima besar.

Hasil buruk Marquez diketahui karena insiden kecelakaan saat sesi latihan terakhir (F4) jelang babak kualifikasi. Kondisi tersebut memaksa Marquez harus turun menggunakan motor cadangannya.

"Pada FP4 saya mengalami kecelakaan, padahal perasaan saya pada motor itu sangat kuat. Sementara motor kedua saya memiliki set-up yang berbeda, dan saya tidak menyukainya,"  ucap Marquez yang dikutip dari Crash.net, Sabtu (20/10/2018).

Baca juga: Dovizioso Start Terdepan di GP Jepang

Marquez mengatakan Motegi memiliki desain yang berbeda dengan Aragon maupun Thailand. Karena itu, dia telah melakukan beberapa perubahan pada motor andalannya untuk melakukan penyesuaian.


"Kami mencoba untuk menyesuaikan keseimbangan motor di Motegi dengan melakukan beberapa ubahan. Pada motor kedua ini saya sedikit kesulitan ketika menghadapi babak kualifikasi," kata Marquez.

Marquez mengaku tidak memiliki banyak waktu melakukan adaptasi atau melakukan penyesuaian pada motor keduanya. Karena itu, pebalap Spanyol ini pun akhirnya pasrah tidak bisa mengimbangi Andrea Dovizioso yang menempati posisi teratas.

Baca juga: Tercepat di FP3, Dovizioso Mulai Ancam Marquez
 
Bahkan catatan waktu Marquez berada di bawah tiga pebalap satelit yang menempati urutan dua sampai tiga, yakni Johann Zarco, Jack Miller, dan Cal Crutchlow.


Namun demikian, Marquez mengatakan akan tetap berjuang mendapatkan hasil terbaik pada kompetisi besok. Bahkan dia tetap menargetkan juara di kandang Honda.

"Kami akan mencoba untuk memulai dengan baik, kami akan lihat di mana kami berada di akhir putaran pertama. Sejak itu, kami akan mencoba mengelola dengan baik dengan terget naik podium," ucap Marquez.



Sumber Crash.net
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X