Kompas.com - 15/10/2018, 10:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran GP Motegi akhir pekan ini bisa jadi panggung untuk Marc Marquez meraih gelar juara dunia musim ini. Pebalap Repsol Honda tersebut saat ini unggul 77 poin dari rival terdekatnya di klasemen MotoGP, Andrea Dovizioso.

Marquez secara keseluruhan sudah mengkoleksi enam gelar dari tiga kelas kompetisi MotoGP. Satu kali di kelas 125 cc, serta satu kelas di Moto2 dan empat di MotoGP.

Tercatat hanya ada dua pebalap yang menghalangi Marquez meraih gelar juaranya. Pada 2011 ada Stefan Bradl di Moto2 dan pada 2015 ada Jorge Lorenzo saat perebutan di MotoGP.

Namun untuk GP Motegi akhir pekan nanti, Marquez tetap tidak bisa menganggap remeh. Dovizioso terkenal kuat dan pada musim lalu ia memenangi seri Motegi setelah berhasil mengalahkan Marquez di lap terakhir.

Baca juga: Marquez, Pebalap yang Paling Sering Jatuh Musim Ini

Maka untuk mengamankan gelar juaranya, Marquez harus setidaknya unggul 75 poin dari rivalnya tersebut di klasemen. Hal itu dapat tercapai dengan beberapa skenario berikut, seperti dikutip dari Speedweek.com.

Skenario

1. Marquez dapat memenangi kejuaran dunia bila ia memenangi balapan. Skenario lainnya, Andrea Dovizioso tidak mencatatkan poin di balapan ini, misalnya Dovi finis di posisi 14 dan 15.

2. Skenario lain adalah Dovizioso berada di tempat keempat dan Marquez di tempat kelima. Ini karena Dovi dapat memenangi empat balapan terakhir dan mendapat nilai yang sama dengan Marquez dalam tujuh kemenangan di musim ini.

Setelah GP Motegi, Dovi hanya dapat memenangi tiga balapan lagi dan Marquez bisa jadi menempati posisi kedua dan ketiga.

3. Skenario terakhir adalah gelaran GP Motegi tidak jadi berlangsung akibat sesuatu hal, misal cuaca seperti di Silverstone lalu.

Melihat skenario ini, Marquez sudah satu langkah lebih baik dari Dovizioso. Ini membuat pebalap 25 tahun tersebut bersiap untuk meraih gelar juara MotoGP kelimanya tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Speedweek


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.