Marquez, Pebalap yang Paling Sering Jatuh Musim Ini - Kompas.com

Marquez, Pebalap yang Paling Sering Jatuh Musim Ini

Kompas.com - 14/10/2018, 09:02 WIB
Marc Marquez tak berhasil masuk Q2.MOTOGP Marc Marquez tak berhasil masuk Q2.


JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara mengenai prestasi, saat ini tidak ada yang dapat menghentikan Marc Marquez dari perebutan gelar juara MotoGP. Pebalap Spanyol tersebut makin dekat dengan gelar kelimanya setelah memenangi GP Thailand pekan lalu.

Tapi selain prestasi, Marquez ternyata juga dikenal sebagai salah satu pebalap yang gemar terjatuh di lintasan. Setelah memenangi gelar musim lalu, Marquez pernah berjanji untuk mengurangi "hobi" miliknya tersebut di lintasan.

"Saya akan mencoba tidak terlalu banyak terjatuh musim depan (2018), kita akan lihat," ucap Marquez ketika itu dikutip Marca.com, Sabtu (13/10/2018).

Catatan musim lalu Marquez terjatuh sebanyak 27 kali atau berada di peringkat kedua pebalap yang sering terjatuh. Posisi pertama dihuni Sam Lowes yang ketika itu di Aprilia dengan 31 kali, lalu posisi ketiga dihuni Alvaro Bautista (26 kali) dan Cal Crutchlow (24 kali).

Namun dengan kecelakaan di GP Thailand saat latihan bebas, Marquez musim ini sudah jatuh sebanyak 17 kali dan menempati posisi pertama. Crutchlow musim ini sudah jatuh sebanyak 16 kali atau berada di peringkat kedua dan ketiga adalah Bautista. Ini cukup untuk meneliti kenapa ketiganya menduduki nama-nama pebalap yang kerap terjatuh.

Baca juga: Rossi Tak Pusingkan Rekor Marquez

Untuk pebalap yang paling jarang terjatuh sampai musim ini berlangsung adalah Maverick Vinales dari Yamaha. Pebalap Spanyol ini tercatat dua kali melakukan kesalahan saat mengendarai M1 miliknya.

Marquez sendiri menjadi rider ketiga dari semua kategori balapa MotoGP yang kerap terjatuh. Di tempat pertama ada Stefano Manzi di Moto2 dengan 28 kali terjatuh dan Sam Lowes, juga di Moto2, yang juga memiliki jumlah kecelakaan yang sama.

Meski demikian, Marquez justru dikenal dengan kemampuannya menyelamatkan diri dari situasi berbahaya di lintasan. Beberapa kali ia menyelamatkan dirinya ketika motornya hendak terjatuh dan kini sudah menjadi gaya yang melekat pada juara dunia tersebut.

"Semua hal bisa terjadi di lintasan, ada pertaruhan, ada kecelakaan, terjatuh, itu hal biasa. Saya sendiri tidak akan mengubah gaya berkendara saya, saya akan berkendara 100 persen," ungkap Marquez di Buruiram lalu.

Marquez saat ini berada di puncak dengan 271 poin. Saat ini ia unggul 77 poin dari Andrea Dovizioso ditempat kedua dengan 194 poin.

Daftar rider MotoGP yang terjatuh

Marc Márquez 17
Cal Crutchlow 16
Álvaro Bautista 14
Takaaki Nakagami 12
Xavier Simeon 12
Pol Espargaró 11
Tom Luthi 11
Tito Rabat 10
Karel Abraham 10
Álex Rins 10
Jack Miller 9
Scott Redding 9
Aleix Espargaró 8
Franco Morbidelli 8
Dani Pedrosa 7
Bradley Smith 7
Hafizh Syahrin 7
Andrea Iannone 6
Jorge Lorenzo 6
Johann Zarco 6
Valentino Rossi 5
Andrea Dovizioso 3
Danilo Petrucci 3
Maverick Viñales 2



Close Ads X