Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bicara Soal Esemka di GIIAS

Kompas.com - 02/08/2018, 12:47 WIB
Alsadad Rudi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 
 
TANGERANG, KOMPAS.com - Produsen otomotif lokal Esemka dikabarkan sedang membangun pabrik yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Di lokasi itulah nantinya Esemka disebut-sebut akan memproduksi mobil untuk dipasarkan.
 
Usai membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD City, Tangerang, Kamis (2/8/2018), Presiden Joko Widodo sempat dimintai pendapat mengenai perkembangan mobil yang sering dikait-kaitkan dengan dirinya itu. Seperti diketahui, saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, Jokowi memang pernah menggunakan Esemka sebagai mobil dinasnya.
 
Jokowi sendiri menilai saat ini persaingan di industri mobil semakin ketat. Ia menilai tidak semua mobil punya desain bagus yang bisa diterima pasar. Belum lagi urusan harga jual.
 
 
SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1ISTIMEWA SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1
 
"Harganya enggak kompetitif, masuk pasarnya juga sulit. Artinya terserah Esemka sendiri. Karena Esemka sekarang sudah diambil alih oleh industri," kata Jokowi.
 
Menurut Jokowi, kalau nantinya Esemka sudah memproduksi mobil dan bersaing di industri, ia berjanji pemerintah akan mendukung. Sebab walau bagaimanapun juga Esemka adalah merek lokal yang perlu didukung untuk berkembang.
 
 
"Kalau memang nantinya Esemka pabriknya sudah jadi dan bisa memproduksi, silahkan. Karena itu kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang," ucap Jokowi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com