Rencana Baru Esemka Meluncurkan SUV Masih Ada

Kompas.com - 01/10/2018, 07:42 WIB
Mobil baru Esemkan yang akan diproduksi Kompas.comMobil baru Esemkan yang akan diproduksi
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama tak ada kabar, rupanya proyek mobil nasional atau mobnas Esemka siap berlanjut kembali. Rencana kemunculan dan produksinya dijadwalkan setelah proses produksi Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) resmi berjalan, mulai Januari 2019 mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Presiden Komisaris PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) dan PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) Sukiat. Menurutnya, proyek mobil Kiat Esemka sudah mendekati tahap diskusi final.

"Kalau tentang mobil Esemka sudah kita arah-arahkan. Ini kita bicara mobil ya, bukan kendaraan seperti AMMDes. Jadi nanti kemungkinan tahun depan itu yang pasti setelah AMMDes berjalan dulu," ucap Kiat saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/9/2018).

Baca juga: SUV Misterius Mirip Esemka Garuda 1

Ketika ditanya soal detail tipe mobil penumpang yang akan diproduksi, Kiat menjelaskan belum bisa menceritakan lebih banyak karena masih dalam proses rembukan dengan beberapa pihak.

Meski demikian, Kiat memberikan kisi-kisi bahwa produksi awal Esemka nantinya akan datang dengan model sport utility vehicles (SUV). Tapi SUV yang dimaksud bukan SUV Garuda 1 yang sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1ISTIMEWA SUV misterius di parkiran pusat perbelanjaan. Mirip dengan ESEMKA Garuda 1
Baca juga: SUV Misterius Mirip Esemka Garuda 1

Dengan tegas Kiat menjelaskan bahwa SUV produksinya akan berbeda dengan mobil yang pernah viral di media sosial.

"Bentuknya SUV gitu, yang jelas ini passenger car Kiat Esemka. Bukan Garuda 1 atau mobil apa itu yang pernah ramai, beda ini kita baru mau produksi jadi bukan yang kemarin-kemarin itu ramai. Tunggu saja habis AMMDes nanti ya," kata Kiat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X