Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara, Rossi Gagal Podium - Kompas.com

Hasil MotoGP Thailand: Marquez Juara, Rossi Gagal Podium

Kompas.com - 07/10/2018, 14:46 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.JOSE JORDAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

BURIRAM, KOMPAS.com - Marc Marquez menjadi juara di GP Thailand, yang berlangsung di Sirkuit Buriram pada Minggu (7/10/2018). Sementara urutan kedua ada Andrea Dovizioso dan ketiga Maverick Vinales yang sukses menyalip Valentino Rossi pada putaran ke 20.

Suasana balapan semakin sengit ketika tersisa tiga putaran lagi, Dovizioso dan Marquez saling bersaing untuk menempati posisi pertama. Namun, pebalap tim Ducati berkebangsaan Italia itu harus rela kalau Baby Alien yang menjadi tercepat di GP Thailand 2018.

Sejak lampu hijau menyala, Marquez yang berada di posisi depan langsung mendapatkan tekanan dari pebalap di belakangnya, seperti Rossi dan Dovizioso. Namun masih bisa mempertahankan posisi beberapa lap, meskipun terus ditekan oleh The Doctor.

Berjalan dua putaran, urutan pebalap di papan atas masih dihuni Marquez, Rossi,  Dovizioso dan Cal Crutchlow, dan Maverick Vinales diurutan kelima. Sang Baby Alien pun terus memperlebar jarak dengan kedua rival yang ada di belakangnya.

Namun, setelah masuk empat putaran Rossi berhasil mendahului Marquez. Begitu juga dengan Dovizioso yang menyalip Marquez pada putaran kelima di tikungan. Posisi ini bertahan cukup lama, yaitu hingga balapan tersisa 17 putaran lagi.

Baca juga: Rossi Masih Kebingungan dengan Performa Motor di Thailand

Rossi pun terus memperlebar jarak dengan Dovizioso. Begitu juga dengan Crutchlow mencoba memperkecil gap dengan Marquez sepanjang balapan.

Urutan berubah lagi ketika balapan tersisa 16 putaran, Dovizioso mendahului Rossi di tren lurus, begitu juga Marquez yang langsung masuk ke urutan kedua.

Pergerakan pebalap di papan tengah pun tidak banyak berubah. Dani Pedrosa, Johann Zarco, dan juga Jack Miller, saling bersaing untuk masuk urutan lima besar, yang diisi oleh Crutchlow dan Vinales.

Tersisa delapan putaran lagi, Pedrosa terjatuh di tikungan kelima dan tidak bisa melanjutkan balapan. Kemudian, Vinales berhasil mendahului rekan satu timnya di posisi ketiga, yakni Rossi ketika balapan enam lap lagi.

Posisi itu terus bertahan sampai balapan berakhir. Sempat terjadi drama saling salip antar Dovizioso dan Marquez, tapi di tikungan terakhir Marquez berhasil keluar tikungan lebih cepat, untuk menyentuh garis finish.



Close Ads X