Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Masih Kebingungan dengan Performa Motor di Thailand

Kompas.com - 06/10/2018, 09:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

BURIRAM, KOMPAS.com - Pebalap Yamaha Valentino Rossi sempat menjadi yang tercepat di posisi kedua pada latihan bebas pertama (FP1), Sirkuit Buriram, GP Thailand, Jumat (5/10/2018).

Namun pada latihan bebas kedua (FP2), Rossi yang melakukan uji coba pada perangkat aero baru justru turun menempati posisi kesembilan meski hanya selisih 0,308 detik dari peringkat pertama Andrea Dovizioso.

Rossi sendiri mengungkapkan perangkat aero tersebut tidak membawa perubahan signifikan pada motor Yamaha M1 miliknya. Juara dunia asal Italia tersebut mengungkapkan problem yang menghinggapi timnya masih misterius.

"Kami tidak tahu apakah Buriram adalah sikuit yang punya masalah teknik lebih sedikit dari Aragon. Saya tidak tahu, tim juga tidak tahu. Saya turun ke sirkuit dan nampaknya punya cengkraman pada ban sehingga bisa lebih memaksa motor untuk lebih kencang. Ini masih membingungkan kami," ucap Rossi dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (6/10/2018).

Baca juga: Lorenzo Kecelakaan Lagi di FP2 GP Thailand

Rossi juga berharap dari pihak pemasok ban Michelin dapat membawa ban yang lebih baik. Pada tes Februari lalu, tidak ada ban mereka yang bertahan lebih dari 25 putaran.

Rossi mengungkapkan mereka melaju lebih cepat namun ban mengalami degradasi parah setelah 10 sampai 12 putaran. Ia membandingkan dengan sirkuit Austria dimana ban belakang digunakan cukup sering, Michelin justru membawa ban dengan kompon yang lebih keras untuk membalap lebih lama.

Rossi sendiri saat ini berada di posisi ketiga klasemen MotoGP dengan 159 poin. Posisi pertama masih dihuni Marc Marquez dengan 246 poin dan posisi kedua ditempati Andrea Dovizioso degan 174 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com