Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelamaan Tunggu Avanza Baru, Konsumen Berpaling ke Kompetitor

Kompas.com - 27/09/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com – Konsumen dealer resmi Toyota Auto2000, khususnya di wilayah Sumatera banyak ternyata yang menunggu kedatangan model terbaru Avanza. Saat ini MPV sejuta umat Toyota tersebut ikut jadi sorotan, pascapeluncuran, rival Mitsubishi Xpander.

Bahkan, kata Judianto, Operation Manager Auto2000 Area Sumatera, ada konsumen yang tak sabar menunggu terlalu lama, akhirnya memutuskan untuk membeli model kompetitor Avanza. Ini tentu saja perlu dapat perhatian serius.

“Banyak yang menanyakan Avanza baru, mereka sebut sebelah sudah keluar (Xpander), di mana mereka yang tidak tahan akhirnya membeli kompetitor, iya beralih. Namun, banyak juga yang mau menunggu,” ujar Judianto, Selasa (25/9/2018).

Agar tak terulang tentunya, Judianto berupaya keras untuk menjaga konsumen loyal, dengan memanjakan mereka, lewat perhatian lebih terutama pada sisi pelayanan.

Baca juga: Xpander Goyang Avanza di Empat Wilayah Sumatera

Render Avanza milik @joricer_design yang dibagikan pada akun miliknya di akun picbear.online.@joricer_design Render Avanza milik @joricer_design yang dibagikan pada akun miliknya di akun picbear.online.

“Kami mendatangi mereka, kemudian soal servis juga sering kami telepon, kami manjakan seperti itu. Kemudian bengkel resmi kami juga akan memantain terus hubungan dengan konsumen. Pasalnya jika soal servis kendaraan saja susah, mereka juga akan malas membeli bahkan,” ujar Judianto.

Keinginan Konsumen Soal Avanza

Ketika ditanyakan soal ubahan apa yang paling ditunggu konsumen setia Avanza, Judianto menjawab pada sisi penampilan. Jadi ekspektasinya lebih kepada ubahan di bagian eksterior, karena mereka sudah percaya dengan performa mesin.

“Konsumen sendiri kebanyakan inginnya ada improvement dari sisi penampilan, eksterior. Karena soal urusan mesin dan segala macamnya produk Toyota sudah dipercaya kemampuannya,” tutur Judianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com