Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus-Minus Kabin Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line

Kompas.com - 24/09/2018, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai mobil termurah di barisan produk Mercedes-Benz, GLA 200 AMG Line memang memiliki daya tarik tersendiri. Selain tampilan yang sporty, interior juga dikemas dengan nuansa agresif dan kemewahan khas mobil Eropa.

Menariknya, meski datang sebagai SUV entry level, namun GLA justru masih berstatuskan completely built-up (CBU). Lantas, dengan harga jual Rp 745 juta off the road, bagaimana fitur dan kenyamanan yang ditawarkan?

Pertama soal desain kabin. Secara tampilan tidak perlu banyak diragukan. Kesan sporty langsung keluar ketika melihat balutan Artico leather yang dipadukan dengan microfibre lengkap dengan detail jahitan merah pada jok yang mengusung tema semi bucket dan kemudi model flat buttom.

Baca juga: GLA 200 AMG Line, Jadi Mobil Termurah Mercedes-Benz

Ruang kokpit juga dibuat ergonomis karena semua tombol fungsi dan fitur terintegrasi dalam jangkauan tangan pengendara. Tapi bagi yang sudah biasa menggunakan A-Class atau CLA, sebenarnya secara desain tidak jauh berbeda.

Tidak seperti model GLA 45 4MATIC yang masih menggunakan tuas transmisi di konsul tengah. Pada GLA 200 AMG Line, konsul tengah hanya menjadi ruang kompertemen minuman dan akses ke monitor 7 inci yang sudah support Aplle CarPlay dan Android Ready.

Sementara tuas transmisi GLA 200 AMG Line berada di bawah kemudi sebelah kiri. Saat pertama menggunakan, pasti akan sedikit binggung mencari tuas transmisi yang pada mobil reguler biasanya menjadi tuas untuk lampu sein.

Baca juga: Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line Blusukan di Yogyakarta

Interior Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line- Interior Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line

Semua informasi mengenai kendaraan bisa diakses melalui monitor yang juga menjadi sarana hiburan dalam perjalanan. Sedangakan untuk fitur, Mercy juga sudah melengkapi GLA 200 dengan empat mode pilihan berkendara dalam fitur Dynamic Select, Auto Start-Stop Engine, Active Brake Assist, dan Adaptive Brake+Hold.

Dari sisi keselamatan, terdapat enam buah airbag yang menjadi perangkat standar. GLA 200 juga dilengkapi fitur Attention Assist yang berfungsi membaca gaya berkendara dan memberikan peringatan bila terjadi perubahan pola, seperti saat kelelahan atau lainnya.

Mercedes-Benz GLA 200 AMG LineSTANLY RAVEL Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line

Kenyamanan

Puas dengan fitur, beralih ke masalah kenyamanan kabin yang dimiliki GLA 200 AMG. Untuk masalah leg room di baris pertama selama Kompas.com, menjajal tidak ada masalah berarti. Justru masuk dalam kategori nyaman untuk SUV yang memiliki dimensi kompak dan telah memiliki pengaturan secara elektrik serta tiga fungsi memori.

Interior Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line- Interior Mercedes-Benz GLA 200 AMG Line

Visibilitas ke depan juga sangat baik, kesan lapang yang dihadirkan makin terasa berkat adanya panoramic sun roof yang membentang hingga baris kedua. Namun sayangnya saat berkendara di jalan berliku, pilar A sering kali menghalangi pandangan sisi kanan.

Tidak hanya itu, ruang head room juga terlihat sesak bagi pengendara yang memiliki tinggi badan sekitar 178 cm ke atas. Sementara di baris kedua, jangan berharap punya kelapangan layaknya baris utama. Saat kuris pengendara dan penumpang depan dimundurkan, otomatis kenyamanan baris kedua akan terusik.

Suasana baris kedua GLA 200 terasa sempit bila diisi penumpang dewasa- Suasana baris kedua GLA 200 terasa sempit bila diisi penumpang dewasa

Mulai dari leg room yang menyempit sampai tandem distance atau lutut dengan belakang jok depan yang cukup mepet. Alhasil bagi penumpang dewasa akan sedikit tidak nyaman bila terlalu lama berada di baris kedua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com