Honda CR-V Terbaru Mulai Dijual di Jepang - Kompas.com

Honda CR-V Terbaru Mulai Dijual di Jepang

Kompas.com - 31/08/2018, 18:33 WIB
Honda CR-V Hybrid di Jepang.ISTIMEWA Honda CR-V Hybrid di Jepang.

TOKYO, KOMPAS.com - All-new Honda CR-V sudah resmi dipasarkan di Jepang, dengan empat tipe yaitu EX, EX Masterpiece, Hybrid EX, dan Hybrid EX Masterpiece, dengan harga di kisaran 3.230.280 yen (Rp 431 juta) hingga 4.361.040 yen (RP 582 juta).

Saat ini model SUV medium Honda itu punya varian mesin bensin turbo, 7-penumpang, dan juga versi hybrid dengan penggerak empat roda (4WD).

All-new Honda CR-V disebut mendapat banyak penyempurnaan di beberapa sisi, mulai dari kerangka dasar yang kini mengadosi platform Civic terbaru. Kemudian  performa juga diklaim direvisi, membuatnya menjadi lebih responsif, saat berbelok atau mengerem.

Lalu bagian bodi dibuat lebih ringan dan kokoh, dengan pusat gravitasi yang rendah, mengejar nuansa berkendara sporty dan stabil pada berbagai kecepatan. Lalu disc brake berdiameter besar, dan electric Brake Booster ikut diaplikasikan, demi pengereman yang maksimal dan responsif.

Sasis menggunakan Front McPherson Strut dan suspensi Rear-Multi Link, yang dipadukan dengan Variable Gear Ratio (VGR), dengan sistem kemudi Electric Power Steering (EPS).

Baca juga: Kata Honda soal HR-V Turbo di Indonesia

Honda CR-V Hybrid EX 2018.ISTIMEWA Honda CR-V Hybrid EX 2018.

Mesin

Mesin Sport Hybrid i-MMD untuk Honda CR-V beroperasi dalam tiga mode berkendara, yaitu EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive. Semuanya akan berganti-ganti tergantung situasi berkendara, buat mengejar efisiensi bahan bakar mencapai 25,8 kpl.

CR-V baru ini juga jadi model pertama, yang memakai mesin Sport Hybrid i-MMD berpenggerak 4WD. Teknologinya di klaim bisa bekerja secara presisi dan cepat, dalam mendistribusikan torsi ke roda depan dan belakang melalui kontrol elektronik.

Sementara itu, buat mesin bensin ditopang 1.5L Direct Injection VTEC Turbo dengan Dual VCT untuk bagian intake dan exhaust. Tambahan turbo, mesin mampu mencapai torsi yang setara dengan mesin 2,4L, dengan rasa berkendara yang bertenaga pada saat rpm tinggi.

Interior

Ubahan Honda CR-V makin terasa di dalam kabin, diklaim dibuat lebih nyaman dengan susunan kursi yang serbaguna, apalagi saat ini sudah bisa muat lebih banyak, sampai tujuh penumpang. Honda tak mengabaikan kenyamanan baris paling belakang, di mana jadi prioritas juga dengan menyematkan pegas di dalam bangku baris ketiga.

Leg room pada kursi belakang bertambah 50 mm dibandingkan model Honda CR-V lawas, serta ada tambahan busa pada dudukan dan bagian penyangga punggung. Sedangkan kursi belakang kini dapat dilipat hingga rata lantai, agar mencapai luas bagasi yang maksimal dengan panjang 1.830 mm.

Bagian dalam diklaim lebih mewah dengan kursi berbahan kulit dan kain, yang permukaan dibuat lembut dengan tekstur glossy. Sedangkan pada bagian instrument panel dan door lining, material wood-grain dan piano-black diaplikasikan buat memberikan karakteristik unik.

 Baca juga: Pesaing CR-V Asal China Resmi Dijual dengan Harga mulai Rp 245 Juta

Teknologi dan Fitur

Soal teknoogi, Honda SENSING®  sudah jadi perlengkapan standar di semua tipe mobil All-new Honda CR-V, yang bisa mencegah benturan depan, dengan memberi peringatan kepada pengendara menggunakan milimeter-wave radar dan monocular camera untuk menilai situasi jalan, serta dilengkapi teknologi braking/steering control.

CR-V ini jadi model pertama yang diperkenalkan di Jepang dengan fitur Hands-Free Access Power Tailgate. Menarik, teknolog ini tak hanya bisa membuka atau menutup tailgate dengan sensor kaki di bawah bumper belakang, tapi juga berfungsi mengatur ketinggiannya.

Lebih dari itu, teknologi ini juga dapat menyimpan data, mengenai ketinggian bukaan tailgate yang diinginkan oleh pengendara.

Ada juga 8-way power adjustment dan fungsi memori, untuk mengingat setting kursi ideal yang biasa digunakan pengendara, serta didukung 4-way power lumbar support untuk menghindari rasa pegal pada punggung bagian bawah. Tambahan lain juga ada power panoramic sunroof.

Eksterior

Dibanding sebelumnya, ground clearance ditingkatkan 40 mm dikuti jarak wheelbase yang bertambah. Lalu ada juga roda berdiameter 18 inci didukung fender depan dan belakang lebih tinggi, membuat tampilannya lebih SUV.

Selain itu, lampu LED telah digunakan pada headlight dengan intensitas penerangan maksimal, untuk impresi yang disebut bisa lebih menawan.

 



Close Ads X