Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menimbang Forza dan XMAX di Segmen Skutik Premium

Lantas apa modal skutik buatan Thailand ini untuk bersaing melawan XMAX yang sudah meluncur lebih dulu. Kita mulai dari sisi tampilan lebih dulu.

Desain dan Dimensi

Bila melihat dari tampilan, Forza memang menawarkan suguhan baru yang lebih futuristik. Desain depanya dibuat lebih ramping dan tak sebongosor XMAX, begitu juga dengan sektor bokong yang dibuat meruncing tak sepadat XMAX.

Dimensi Forza dibuat lebih pendek dengan panjang 2.140 mm, sementara XMAX 2.185 mm, namun tinggi keseluruhan XMAX lebih rendah yakni 1.465 mm, sedangkan Forza 1.470 mm. Meski begitu, tinggi jok dikuasai XMAX, yakni 795 mm yang membuatnya lebih mendominasi ketika digunakan pengguna dengan postur tubuh tinggi.

Sedangkan untuk wheelbase Forza lebih unggul tipis, yakni 1.547 mm sementara XMAX 1.540 mm. Karena itu, bobot keseluruhan lebih berat Forza yang mencapai 191 kg dan XMAX hanya 179 kg.

Fitur dan Tenaga

Skutik bongsor Yamaha dan Honda sama-sama mengaju pada kenyamanan pengendara, karena itu fiturnya diperkaya dengan teknologi modern. Mulai dari pencahayaan yang sudah didukung LED, adanya electric power socket, keyless, dan sama-sama dibekali fitur traction control.

Untuk perangkat keselamatan, XMAX dan Forza sama-sama dibekali sistem pengereman ABS. Kedua skutik bongsor ini juga memiliki kompartemen lapang dengan kapasitas yang mampu menampung dua helm, sayangnya Forza hanya memiliki kapasitas bensin 11,5 liter, sementara XMAX 13 liter.

Harga

Tingginya harga Forza dinilai wajar, karena statusnya masih dikirim dari Thailand belum diproduksi di dalam negeri. Apalgi ditambah dengan kondisi nilai rupiah yang makin melewah terhadap dollar Amerika Serikat saat ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/08/04/130200215/menimbang-forza-dan-xmax-di-segmen-skutik-premium

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke