Arus Balik, Pemudik Motor Disarankan Ganti Oli Mesin - Kompas.com

Arus Balik, Pemudik Motor Disarankan Ganti Oli Mesin

Kompas.com - 19/06/2018, 14:21 WIB
Ilustrasi ganti oliOtomania/Setyo Adi Ilustrasi ganti oli

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjalanan mudik menuju dan dari kampung halaman membutuhkan kesiapan fisik dan kendaraan. Pemudik yang menggunakan sepeda motor ada baiknya melakukan pemeriksaan komponen motor sebelum kembali ke Ibu Kota.

Salah satunya adalah oli mesin. Mekanik bengkel Pitline Motorsport Paul menyarankan motor yang dibawa mudik, sebelum kembali ke Ibukota, baiknya mengganti oli mesinya.

"Meskipun sebelum mudik pemilik motor sudah ganti oli. Tapi baiknya sebelum kembali, di kampung halaman sempatkan untuk mengganti oli," ucap Paul yang ditemui beberapa waktu lalu.

Ini sekaligus sebagai langkah pemeriksaan sebelum menempuh perjalanan jauh kembali ke Jakarta. Volume oli mesin rentan berkurang karena beberapa sebab seperti menguap karena panas, atau kebocoran yang tidak terdeteksi yang membuat oli tidak dapat bekerja sempurna melumasi mesin.

Baca juga: Cerita Mekanik di Posko Siaga Mudik, Lebaran Jauh dari Rumah

Paul menjelaskan, meski oli motor disarankan ganti 1.000 sampai 2.000 kilometer sekali, jika jarak kampung halaman sekitar 400 sampai 500 kilometer, jika dipakai mudik harus diganti oli yang baru. Alasannya berbagai kondisi jalan ditemui selama mudik.

"Ada ketemu macet, lalu ketemu jalan kosong, motor digeber kencang. Itu kerja berat. Lalu di kampung halaman dipakai juga. Olinya hitungannya lelah," ucap Paul.

"Lagipula harga oli mesin sepeda motor tidak terlalu menguras kantong. Pokoknya disempatkan mengganti untuk kelancaran dan kinerja mesin motor terjaga," sambung Paul.


Komentar
Close Ads X