Cerita Mekanik di Posko Siaga Mudik, Lebaran Jauh dari Rumah

Kompas.com - 17/06/2018, 15:10 WIB
Nurcholis (kanan) jadi salah satu mekanik yang berjaga 24 jam selama masa mudik Lebaran 2018 Kompas.com / Setyo Adi Nurcholis (kanan) jadi salah satu mekanik yang berjaga 24 jam selama masa mudik Lebaran 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen mudik Lebaran merupakan hajatan besar tahunan yang melibatkan banyak orang. Tak terkecuali para mekanik yang bekerja 24 jam di jalur-jalur mudik untuk melayani para pemudik yang kendaraannya bermasalah.

Salah satunya Nurcholis, mekanik bengkel siaga Nissan Datsun di Rest Area KM 57. Warga asli Bojonegoro yang bekerja sebagai mekanik di Jakarta ini harus merelakan Lebaran tahun ini jauh dari keluarga di kampung halaman.

"Tahun ini saya tidak kumpul bersama keluarga dulu saat Lebaran. Tahun lalu juga. Ya ini panggilan tugas, harus dilaksanakan buat antisipasi masalah pemudik," ucap Nurcholis yang ditemui beberapa waktu lalu.

Saat pertama kali bertugas, keluarga besar banyak yang menanyakan. Beruntung istrinya mendukung dengan menjelaskan bahwa yang dilakukannya adalah panggilan pelayanan.

"Nanti juga dapat pengganti libur dari kantor. Jadi bisa pulang saat kondisi jalan tidak ramai," ujar Nurcholis.

Baca juga: Memaksimalkan ?Cruise Control? Saat Mudik

Dia merasa senang bisa berjaga di posko mudik sebab ia dapat bertemu langsung dengan orang-orang baru. Berkenalan dan mengobrol selain masalah mesin menambah pengetahuan.

"Biasanya kalau di bengkel ketemunya teman itu-itu saja. Kalau d isini langsung bicara dengan konsumen, berada di lini depan," ucap Nurcholis.

Selama berjaga ada saja pengalaman yang dianggapnya sebagai salah satu tantangan dalam bertugas. Ia mengungkapkan paling susah jika bertemu dengan konsumen yang tidak sabar menunggu suku cadang meski sudah dijelaskan berulang kali bahwa suku cadang yang diinginkan tidak tersedia di posko siaga tersebut.

"Kadang menjelaskannya harus berulang kali. Mereka maunya buru-buru, padahal kita ini bukan bengkel yang ada penyimpanan suku cadangnya. Harus diambil dulu di pusat suku cadang lalu dibawa ke sini. Ya mau bagaimana lagi, harus dengan kesabaran," ujar Nurcholis sambil tertawa.

Nurcholis menjadi salah satu dari delapan mekanik yang bertugas jaga di bengkel siaga Nissan Datsun. Ia telah bertugas sejak H-7 lebaran dan akan mengakhiri tugasnya pada 21 Juni mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X