Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mekanik di Posko Siaga Mudik, Lebaran Jauh dari Rumah

Kompas.com - 17/06/2018, 15:10 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen mudik Lebaran merupakan hajatan besar tahunan yang melibatkan banyak orang. Tak terkecuali para mekanik yang bekerja 24 jam di jalur-jalur mudik untuk melayani para pemudik yang kendaraannya bermasalah.

Salah satunya Nurcholis, mekanik bengkel siaga Nissan Datsun di Rest Area KM 57. Warga asli Bojonegoro yang bekerja sebagai mekanik di Jakarta ini harus merelakan Lebaran tahun ini jauh dari keluarga di kampung halaman.

"Tahun ini saya tidak kumpul bersama keluarga dulu saat Lebaran. Tahun lalu juga. Ya ini panggilan tugas, harus dilaksanakan buat antisipasi masalah pemudik," ucap Nurcholis yang ditemui beberapa waktu lalu.

Saat pertama kali bertugas, keluarga besar banyak yang menanyakan. Beruntung istrinya mendukung dengan menjelaskan bahwa yang dilakukannya adalah panggilan pelayanan.

"Nanti juga dapat pengganti libur dari kantor. Jadi bisa pulang saat kondisi jalan tidak ramai," ujar Nurcholis.

Baca juga: Memaksimalkan ?Cruise Control? Saat Mudik

Dia merasa senang bisa berjaga di posko mudik sebab ia dapat bertemu langsung dengan orang-orang baru. Berkenalan dan mengobrol selain masalah mesin menambah pengetahuan.

"Biasanya kalau di bengkel ketemunya teman itu-itu saja. Kalau d isini langsung bicara dengan konsumen, berada di lini depan," ucap Nurcholis.

Selama berjaga ada saja pengalaman yang dianggapnya sebagai salah satu tantangan dalam bertugas. Ia mengungkapkan paling susah jika bertemu dengan konsumen yang tidak sabar menunggu suku cadang meski sudah dijelaskan berulang kali bahwa suku cadang yang diinginkan tidak tersedia di posko siaga tersebut.

"Kadang menjelaskannya harus berulang kali. Mereka maunya buru-buru, padahal kita ini bukan bengkel yang ada penyimpanan suku cadangnya. Harus diambil dulu di pusat suku cadang lalu dibawa ke sini. Ya mau bagaimana lagi, harus dengan kesabaran," ujar Nurcholis sambil tertawa.

Nurcholis menjadi salah satu dari delapan mekanik yang bertugas jaga di bengkel siaga Nissan Datsun. Ia telah bertugas sejak H-7 lebaran dan akan mengakhiri tugasnya pada 21 Juni mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com