Semua Model Toyota Siap Euro 4, Harga Bisa Naik?

Kompas.com - 28/05/2018, 07:42 WIB
Varian termahal Innova siap meluncur di Indonesia. ToyotaVarian termahal Innova siap meluncur di Indonesia.

Jakarta, KOMPAS.com – Toyota Indonesia memastikan kalau kemampuan manufakturnya, sudah sanggup untuk menghadirkan deretan model mobil berstandar Euro IV, yang diproduksi dan kemudian dipasarkan di alam negeri.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Standar Emisi Euro IV, terhitung September-Oktober 2018, model mobil baru dengan mesin bensin yang diproduksi di Indonesia, sudah harus mengacu pada standar uji emisi Euro IV.  

Memang, sampai saat ini semua mobil Toyota yang dijual di dalam negeri masih beremisi Euro II, karena memang pemerintah memberikan kesempatan buat para produsen, untuk menghabiskan terlebih dahulu model Euro II yang sudah masuk rencana produksi.

“Semua yang sudah kami produksi yang gasoline sudah Euro IV,  tapi memang di dalam negeri masih Euro 2. Namun pastinya, ketika sudah masuk masa yang ditentukan ( Euro 4) siap langsung dijual,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN), Jumat (25/5/2018).

Baca juga: Menhub Resmikan Balai Uji Emisi Berstandar Euro 4 di Bekasi

Terkait dengan harga jualnya apakah akan jauh lebih tinggi, Warih menyebutkan itu tergantung dari pihak Toyota Astra  Motor (TAM) sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan pasar. Namun terkait dengan biaya produksinya sendiri, disebut tidak begitu mahal.

“Tentu ada perbedaan harga antara Euro 2 dan Euro 4, tapi kita compatible tidak begitu big (rentang harganya), karena kami sudah banyak ekspor ke negara-negara lain model Euro 4 bahkan Euro 6. Jadi tak begitu mahal,” kata Warih.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X