Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Toyota Menyambut EURO IV

Kompas.com - 04/04/2018, 15:04 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Terhitung September 2018, seluruh produk otomotif yang diproduksi di Indonesia sudah harus mengacu standar uji emisi EURO IV. Standar baru ini akan menggantikan standar emisi EURO II yang sampai saat ini masih berlaku.

Untuk tahap awal, peraturan ini diterapkan untuk mobil bermesin bensin. Sedangkan mesin diesel baru efektif berlaku Maret 2021.

Selaku pemimpin pasar otomotif roda empat di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan sudah siap dengan peraturan baru tersebut. Modalnya adalah reputasi TAM yang tidak hanya menjual produk di dalam negeri, tapi juga mengekspornya ke beberapa negara yang sudah lebih dulu menerapkan EURO IV.

Baca juga : Toyota Indonesia Kirim ?Sienta Euro VI? ke Singapura

"Kita siap. Karena beberapa produk kita sudah ada yang EURO IV," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Indonesia dan Vietnam tertinggal jauh terkait pentapan Euro IV.ICCT Indonesia dan Vietnam tertinggal jauh terkait pentapan Euro IV.

Penerapan Euro IV bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan kendaraan bermotor. Aturan emisi Euro IV sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017.

Menurut Soerjo, penerapan standar baru untuk uji emisi ini memang sudah seharusnya dilakukan. Acuannya adalah penerapan peraturan yang sama di negara-negara lain.

Baca juga : Indonesia Euro IV, Ketinggalan Tapi Belum Terlambat

"Di Eropa bahkan sekarang sudah persiapan EURO VII. Jadi menurut saya kalau memang kita menggunakan standar EURO, arahnya harus ke situ," ucap Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com