Pangsa Pasar Grup Astra Turun Januari-April 2018

Kompas.com - 21/05/2018, 07:02 WIB
Gedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara Dok Astra InternationalGedung Astra International di Sunter, Jakarta Utara

Jakarta, KOMPAS.com – Empat merek mobil yang berada di dalam geng Astra, pangsa pasarnya harus terkoreksi sekitar 7 persenan. Ini seiring dengan performa negatif dari Toyota, di pasar wholesales dalam negeri.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari-April 2018, market share Grup Astra sebesar 48,76 persen, atau 192.335 unit.

Sedangkan di periode yang sama tahun lalu, penguasannya lebih dari 50 persen atau tepatnya 56,55 persen, dengan jumlah total unit mencapai 211.129 unit.

Baca juga: Toyota Imbau Pelanggan Periksa Inflator Airbag

Wholesales merek mobil di bawah Grup Astra (diolah dari data Gaikindo).KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Wholesales merek mobil di bawah Grup Astra (diolah dari data Gaikindo).

Jika merinci lebih detail, Toyota mengalami penurunan drastis dibanding dengan tahun lalu atau mencapai 18,97 persen. Perolehannya selama empat bulan 2018 ini hanya 113.854 unit, sedangkan tahun lalu 140.508 unit.

Toyota cukup terpukul lantaran salah satu model andalannya Avanza, di pasar wholesales menurun pasokannya tentu untuk menyesuaikan dengan stok dan permintaan pasar. Masih belum dikonfirmasi, apakah penurunannya karena Xpander atau bergeser ke LSUV-nya Rush.

Sementara tiga merek yang berada di bawah Astra lainnya mengalami hasil positif. Mulai dari Daihatsu yang tumbuh 7,98 persen (70.476 unit), Isuzu naik sebesar 49,27 persen (7.971 unit), lalu Peugeot tumbuh 112,50 persen (34 unit).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X