Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Masih Mendominasi Pembeli Mobil Lelang

Kompas.com - 29/03/2018, 07:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Banyak cara ketika ingin membeli mobil bekas. Selain datang ke diler, bisa juga mengikuti proses lelang yang besar kemungkinan bisa dapat unit dengan banderol lebih terjangkau.

Namun, kesadaran konsumen pribadi belum besar untuk mengikuti lelang. Sebagian besar, didominasi oleh pedagang mobil bekas yang nanti mobil hasil lelang itu akan dijual kembali di showroom.

Menurut pengakuan Daddy Doxa Manurung, Presiden Direktur Ibid, balai lelang Grup Astra, secara persentase untuk pembeli pribadi atau perseorangan hanya sekitar 10 persen, sedangkan 90 persen lagi pedagang atau borongan.

"Sekali beli minimal dua hingga tiga unit, karena mereka untuk dijual lagi. Bisa lebih murah dapatnya, karena mereka tidak memikirkan proses balik nama, hanya sedikit merapihkan saja," ujar Daddy kepada KOMPAS.com belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Baca juga: Beli Mobil Hasil Lelang Bakal Bisa Kredit

Oleh sebab itu, sejak beberapa tahun ke belakang Ibid selalu berusaha mengundang pembeli perorangan untuk membeli secara lelang. Selain setiap Rabu, diadakan juga pada akhir pekan biasanya Sabtu.

"Karena kalau hari biasa mereka kerja kantor, jadi kita sediakan satu hari buat mereka pembeli perorangan. Harapan kami setiap tahun akan terus tumbuh," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com