Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Suzuki Meningkatkan Kemampuan Pengemudi Perempuan

Kompas.com - 30/04/2018, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, angka kecelakaan mobil oleh kaum perempuan meningkat 49,5 persen. Ini memunculkan persepsi bahwa kaum hawa “pengemudi buruk”.

Melihat kondisi tersebut PT Suzuki Indomobil Sales, merasa perlu menggelar “Suzuki City Rally 2018”  bersama komunitas perempuan, untuk menularkan soal pentingnya menerapkan defensive driving di jalanan.

Rangkaian edukasi ini terdiri dari talkshow oleh praktisi safety driving, Sony Susmana, rally keliling Jakarta dengan Suzuki Baleno dan Ertiga. Dilanjutkan dengan kunjungan ke booth Suzuki, serta test drive All New Ertiga di IIMS 2018.

Baca juga : Suzuki Jamin Suku Cadang Mesin Ertiga Lama

Suzuki City Rally 2018 menggandeng kaum hawa, berdiskusi soal keselamatan di jalan.ISTIMEWA Suzuki City Rally 2018 menggandeng kaum hawa, berdiskusi soal keselamatan di jalan.

“Masyarakat tentu tidak dapat membatasi perempuan untuk beraktivitas, termasuk dalam mengemudikan kendaraan sehari-hari, walaupun banyak persepsi negatif tentang cara mengemudi mereka,” ujar Ryohei Uchiki, General Manager Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales dalam siaran resminya, Minggu (29/4/2018).

“Jadi jalan terbaiknya, mendukung aktivitas berkendara perempuan dengan memberikan edukasi defensive driving, agar bisa meningkatkan keselamatan, baik bagi pengendara perempuan dan pengguna jalan lainnya,” tutur Uchiki.

Menajdi pembicara dalam kegiata ini, Sony Susmana menyampaikan materi di mana ada sepuluh prinsip yang perlu diketahui oleh pengendara, yang wajib diterapkan termasuk perempuan.

  1. Bekali diri dengan pengetahuan tentang kendaraan.
  2. Tahu dan patuhi aturan lalu lintas.
  3. Selalu waspada.
  4. Bersiap untuk menghadapi segala situasi.
  5. Ambil keputusan yang tepat.
  6. Terampil mengendalikan kendaraan.
  7. Sabar.
  8. Kooperatif.
  9. Santun.
  10. Hindari mentalitas “aku vs mereka” saat berada di jalan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com