Kompas.com - 28/04/2018, 10:43 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak rem pada mobil memiliki peran begitu penting untuk melumasi komponen dari sistem pengereman. Oleh sebab itu harus dirawat dengan benar, untuk menjaga keselamatan selama berkendara.

Lantas, cara merawat yang benar itu seperti apa? Stanley Tjhie, Businnes Diretor PT Laris Chandra, distributor tunggal STP mengatakan, sebaiknya minyak rem diganti setiap dua tahun sekali.

"Kalau tidak diganti akan menurunkan performa dari minyak rem tersebut," ucap Stanley di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (27/4/2018).

Stanley melanjutkan, apabila lebih dari dua tahun kandungan air pada minyak rem akan semakin banyak. Kurun waktu dua tahun saja sudah sekitar dua hingga tiga persen memiliki kandungan air di dalamnya.

Baca juga: Kenali Masalah Standar pada Rem Cakram

"Kalau semakin banyak air, maka titik didihnya juga akan turun terus," kata dia.

Sementara itu, menurut General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi mengatakan, sebaiknya dilakukan berdasarkan jadwal servis berkala, yaitu setiap 40.000 km atau dua tahun.

Dadi menjelaskan, jangan dianggap ringan karena minyak rem itu sendiri menyerap air dari kelembaban udara dan bisa menyebabkan titik didih dari cairan tersebut menurun.

"Titik didih rendah bisa menyebabkan rem blong, karena minyak rem mendidih. Ini terjadi karena panas dari kaliper diteruskan ke minyak rem," ujar Dadi kepada KOMPAS.com melalui pesan singkat, Jumat (27/4/2018).

Produk Baru

STP itu sendiri baru saja meluncurkan minyak rem berteknologi Activgard yang dapat melindungi sistem rem secara aktif. Harga untuk DOT 3  300 ml dijual Rp 32.000 dan kemasan 1.000 ml Rp 98.000. Sementara DOT 4, ukuran 300 ml Rp 35.000, dan 50 ml Rp 12.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.