Laba Otomotif Astra Merosot di Kuartal Pertama 2018

Kompas.com - 25/04/2018, 20:02 WIB
Toyota Astra Motor meluncurkan All New Rush Aditya Maulana/KompasOtomotifToyota Astra Motor meluncurkan All New Rush

Jakarta, KOMPAS.com – PT Astra International umumkan laporan keuangannya di kuartal pertama 2018. Laba bersih total mengalami penurunan 2 persen, seiring dengan anjloknya beberapa sektor bisnis salah satunya otomotif.

Geng Astra sebagai pemegang absolut pasar otomotif dalam negeri, di dalamnya ada produk roda dua sepeda motor Honda, lalu untuk mobilnya yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot.

Perolehan laba bersih dari bisnis otomotif grup, menurun 8 persen atau menjadi Rp 2,1 triliun. Pihak Astra dalam keterangan resminya, itu terjadi lantaran meningkatnya kompetisi di pasar mobil.

Penjualan mobil secara nasional meningkat sebesar 3 persen menjadi 292.000 unit. Meski begitu, Astra alami menurun sebesar 12 persen atau menjadi 142.000 unit.

Efeknya, pangsa pasar Astra menurun dari 57 persen menjadi 49 persen. Grup telah meluncurkan tujuh model baru dan dua model revamped selama periode ini.

Baca juga : "Geng Astra" Caplok 50 Persen Pasar Mobil Nasional

Laporan keuangan Astra International kuartal pertama 2018.ISTIMEWA Laporan keuangan Astra International kuartal pertama 2018.

Terkait dengan motor, pangsa pasar Astra Honda Motor (AHM) menurun dari 77 persen menjadi 73 persen, sedangkan total pasar secara keseluruhan meningkat 4 persen atau menjadi 1,5 juta unit. AHM juga telah meluncurkan satu model baru dan lima model revamped selama periode ini.

Beralih ke bisnis komponen grup lewat PT Astra Otoparts Tbk, tercatat ada penurunan laba bersih sebesar 1 persen menjadi Rp 146 miliar, meskipun terdapat kenaikan pendapatan sebesar 11 persen.

Penurunan laba bersih, terutama karena penurunan kontribusi dari perusahaan patungan, dan entitas asosiasi, yang terkena dampak dari kerugian translasi mata uang asing.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X