“Geng Astra” Caplok 50 Persen Pasar Mobil Nasional

Kompas.com - 17/10/2017, 07:22 WIB
Daihatsu Terios edisi terbatas.Ghulam/KompasOtomotif Daihatsu Terios edisi terbatas.

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar mobil penumpang dalam negeri sepanjang tahun 2017, lebih dari separuhnya dicaplok “Geng Astra”. Melirik data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penguasaannya sampai 54,26 persen.

Merek-merek yang digadang PT Astra International Tbk ( Grup Astra), yang pemilik utama sahamnya adalah Jardine Cycle & Carriage, yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot. Kenaikan market share mereka tahun ini signifikan, padahal pada sembilan bulan tahun lalu hanya 38,81 persen.

Peningkatan tersebut juga diikuti oleh pertumbuhan volume jualan, dari 303.816 unit menjadi 436.158 unit, atau positif 43,56 persen. Hasil manis tahun ini tampaknya tak lepas dari peluncuran beberapa model baru, terutama di segmen LCGC 7-penumpang, Calya dan Sigra.

Sejak kuartal pertama, pasar otomotif roda empat dalam negeri digenggam separuhnya oleh pemilik perusahaan yang berbasis di Singapura tersebut. Penguasaan terbesar terjadi pada kuartal dua 2017 yang menyentuh angka 55,79 persen.

Baca juga : Toyota Jepang Resmi Beli 1 Persen Saham TAM

Pangsa pasar gabungan empat merek di bawah Grup Astra (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Pangsa pasar gabungan empat merek di bawah Grup Astra (diolah dari data Gaikindo).

Toyota Jagoannya

Dari empat merek yang dipasarkan, Toyota memberikan kontribusi terbesar atau mencapai 66,23 persen, dengan total wholesales 288.850 unit. Angka kontribusinya melonjak, di mana pada tahun lalu masih 49,98 persen dan tak jauh-jauh dari Daihatsu.

Sementara posisi kedua ada Daihatsu yang kebagian jatah 30,62 persen, atau turun dibanding Januari-September tahun lalu (46,16 persen). Merek yang sudah diakuisisi Toyota itu, bukan hanya menciutkan share-nya, tapi juga volume pasokan yang minus 4,76 persen.

Sementara Isuzu dan Peugeot, masing-masing hanya berkontribusi 3,15 persen dan 0,01 persen. 

Empat merek di Grup Astra (diolah dari data Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Empat merek di Grup Astra (diolah dari data Gaikindo).



EditorAgung Kurniawan

Close Ads X