Senyum Joker Vios Tidak Selebar Yaris - Kompas.com

Senyum Joker Vios Tidak Selebar Yaris

Kompas.com - 03/04/2018, 12:26 WIB
Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Jakarta, KOMPAS.com – Beda seperti New Yaris hatchback yang meluncur pada Februari lalu, Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan versi sedannya, Vios, lewat surat elektronik kepada media, Selasa (3/4/2018). Wajah Vios juga punya senyum Joker, namun tidak seriang Yaris.

Baca: Meluncur Diam-diam, Harga New Vios Naik Rp 14,9 Juta

Tampang Vios sama persis seperti yang sudah KOMPAS.com lihat di Delhi Auto Expo pada Februari lalu. Walau begitu desain peleknya berbeda, di Indonesia menggunakan pelek 16 inci untuk varian tertinggi yang desainnya sama seperti Yaris.

Baca: Ini Tampang Toyota Vios Baru, Tanpa Kumis

Toyota Yaris 2018 varian TRD Sportivo.Dok. TAM Toyota Yaris 2018 varian TRD Sportivo.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Vios punya dua varian, E dan G, kini tanpa TRD Sportivo. Dimensi Vios memanjang 15 mm dan melebar 30 mm, namun menjadi lebih pendek 25 mm dari model sebelumnya. Bodi baru didesain di atas wheelbase yang sama, 2.550 mm.

Bagian mesin tetap sama seperti sebelumnya, 2NR-FE 4-silinder DOHC Dual VVT-I dengan tenaga 107 tk dan torsi 14,3 kg.m. Pilihan transmisi tetap sama untuk kedua varian, CVT dan manual 5-percepatan.

Namun TAM menjelaskan seting baru terasa jauh lebih bertenaga, akselerasi lebih baik, dan semakin sunyi pada kecepatan tinggi. Selain itu nyetir varian CVT sekarang jadi semakin menyenangkan karena ada paddle shift.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Di kabin, interior Vios berwarna beige penunjang kemewahan sekaligus membedakannya dari Yaris. Terlihat juga tidak ada lagi ornamen jahitan palsu yang sempat ada di model sebelumnya.

Teknologi high-tech illumination optitron di instrument cluster ada di semua varian, khusus buat varian G ditambah ignition-activated welcome. TAM juga menyebut kursi depan dirancang semakin menyerap tubuh untuk kenyamanan perjalanan jauh.

Bagian tengah dasbor terlihat makin mewah karena sekarang panel AC berubah digital. Headunit 7 inci tampilan high definition memiliki sistem konektivitas USB, AUX, HDMI, Bluetooth, iPod Read, dan Miracast. Tersedia juga fitur weblink, multitasking window, remote apss melalui ponsel.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.

Toyota Vios 2018.Dok. TAM Toyota Vios 2018.
Di sisi keamanan, Vios kini punya tujuh kantong udara, dua di depan sopir dan penumpang, satu di depan lutut sopir, dua di jendela, dan dua di samping jok depan. Sebelumnya Vios hanya punya dua kantong udara untuk sopir dan penumpang depan.

Bukan hanya itu, TAM juga menambahkan Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS), serta sabuk pengaman 3-titik buat kelima penumpang.

“Hadirnya fitur keselamatan yang semakin lengkap pada New Vios ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menjadikan keselamatan sebagai salah satu fokus utama Toyota, dengan tetap memperhatikan kenyamanan berkendara” kata Henry Tanoto, Presiden Direktur TAM dalam siaran resmi.


Close Ads X