Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki dan Toyota Sepakat Tukaran Mobil di India

Kompas.com - 01/04/2018, 10:35 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Dua pabrikan besar Jepang, Suzuki dan Toyota, mengumumkan secara resmi, Kamis (29/3/2018), telah mencapai kesepakatan awal menuju kerja sama suplai kendaraan hibrida di India. Kesepakatannya yaitu Suzuki akan menyuplai Baleno dan Vitara Brezza untuk dijual dengan merek Toyota, sementara Toyota akan melakukan hal yang sama dengan Corolla ke Suzuki.

Strategi ini menguntungkan buat keduanya, karena masing-masing bakal menjangkau segmen yang belum pernah disentuh. Toyota bakal masuk ke pasar mainstream yang saat ini hanya mengandalkan Etios, sedangkan Suzuki akan melangkah ke pasar premium di atas Ciaz.

Baca: Di India, Ignis Mobil Orang Kaya

Toyota Corolla Altis facelift meluncur bersama Innova Venturer di Jakarta, Senin (16/1/2017).Donny A/KompasOtomotif Toyota Corolla Altis facelift meluncur bersama Innova Venturer di Jakarta, Senin (16/1/2017).

Dari keterangan resmi dijelaskan, detail tentang masing-masing model seperti jadwal suplai pertama, jumlah unit, spesifikasi, dan harga, akan diumumkan kemudian. Meski begitu, media India memprediksi bakal terjadi pada tahun depan.

Baca: Suzuki India Sarankan Indonesia Produksi Mobil Sendiri

Kerja sama ini bukan yang pertama melainkan lanjutan dari kesepakatan keduanya pada Februari 2017. Isinya, Suzuki, merek terbesar di India, bekerja sama dengan Toyota dalam hal bisnis, termasuk mengeksplorasi kolaborasi di area teknologi serta suplai produk dan komponen.

Kemudian pada November 2017, Suzuki dan Toyota mengumumkan bergandengan tangan untuk memperkenalkan pertama kalinya kendaraan berbaterai listrik pada 2020 di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com