Toyota Kembali Rilis Mesin Generasi Terbaru - Kompas.com

Toyota Kembali Rilis Mesin Generasi Terbaru

Kompas.com - 28/02/2018, 12:03 WIB
Mesin bensin 2.0L (kiri) dan transmisi manual 6-percepatan (kanan) terbaru Toyota.DOK. TOYOTA Mesin bensin 2.0L (kiri) dan transmisi manual 6-percepatan (kanan) terbaru Toyota.

Aichi, KOMPAS.com – Janji Toyota untuk menghadirkan 17 mesin sampai 2021, satu persatu mulai terealisasi. Sebelumnya pada 2017 lalu, raksasa otomotif Jepang ini sudah mengumumkan pembaruan mesin bensin dan hybrid 2.5L, serta hadirnya transmisi otomatis 8-percepatan dan 10-percepatan (Direct Shift-8AT & Direct Shift-10AT).

Kali ini mereka merilis lagi dua powertrains baru, mesin 2.0L konvensional dan 2.0L hybrid) yang disebut juga sebagai Dynamic Force Engine. Toyota mengklaim keduanya merupakan mesin dengan efisiensi termal terdepan di dunia, dengan peningkatan torsi di rata-rata putaran mesin, dan juga akan memenuhi aturan emisi masa depan.

Keduanya diadaptasi dari powertrain yang tampak pada Prius generasi baru. Teknologi yang disematkan tersebut bisa mengurangi putaran mesin yang dibutuhkan untuk daya maksimum, serta menyedot lebih banyak energi dari baterai dibanding versi sebelumnya.

Baca juga : Toyota Masih Terlaris di Dunia

Mesin baru Toyota. Dok. TOYOTA Mesin baru Toyota.

Selanjutnya, Toyota juga mengembangkan tipe girboks CVT baru, dan diklaim 6 persen lebih efisien daripada generasi sebelumnya. Transmisi baru ini, disebut bakal menghilangkan respon awal yang biasanya lambat pada CVT dan meningkatkan performa.

Selanjutnya ada juga transmisi manual 6-percepatan baru, yang dimensinya lebih kecil dan 7 kilogram lebih ringan dari sebelumnya, sehingga meningkatkan efisiensi. Dalam siaran resminya, Toyota masih belum menjelaskan akan diproduksi di mana saja mesin-mesin baru mereka tersebut.

Pengembangan mesin baru, transmisi, dan merevolusi sistem hibrida lawasnya, melalui konsep Toyota New Global Architecture (TNGA). Secara bertahap, Toyota akan melengkapi 80 persen mobilnya dengan powertrain terbaru itu sampao 20230, utamanya di Amerika, Eropa, Jepang dan China, dari siaran resmi Toyota Global, Rabu (28/2/2018).


Komentar
Close Ads X